Minggu, 28 November 2021 – Hari Minggu Adven I / C

Posted on

Rm. Antonius Edi Prasetyo SCJ dari Komunitas SCJ Kota Batak – Riau Indonesia

 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Mazmur 25:1-3

Kepada-Mu, ya Tuhan, kuangkat jiwaku; Allahku, kepada-Mu aku percaya. Janganlah kiranya aku mendapat malu. Janganlah musuh-musuhku beriang-ria atas aku. Ya, semua orang yang menantikan Dikau takkan mendapat malu.

PENGANTAR:

Mengawali tahun baru liturgi, kita diajak bersyukur atas perjalanan panjang yang telah dilalui dalam kesatuan Gereja yang senantiasa merayakan Tuhan yang mulia. Penyertaan-Nya sungguh mengagumkan. Hari ini, kita akan mendengar lagi optimisme Yeremia bahwa akan tumbuh “tunas keadilan”. Dia akan melaksanakan keadilan bagi setiap manusia. Orang diminta untuk memperkuat hati. Orang diminta untuk menyongsong Dia karena sudah dekatlah kedatangan-Nya. Semoga setiap orang juga antusias menapaki perjalanan panjang hidup ini karena penyertaan-Nya.

PERNYATAAN TOBAT:

I : Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah pembawa damai sejahtera ke dunia. Engkaulah yang dinanti-nantikan umat manusia. Tuhan, kasihanilah kami.

U : Tuhan, kasihanilah kami.

I : Engkaulah cahaya penghalau kegelapan dunia. Engkaulah yang didamba-dambakan umat manusia. Kristus, kasihanilah kami.

U : Kristus, kasihanilah kami.

I : Engkaulah pembawa keselamatan dunia. Engkaulah yang diharap-harapkan umat manusia. Tuhan, kasihanilah kami.

U : Tuhan, kasihanilah kami.

DOA PEMBUKA:

Marilah kita berdoa: Allah Bapa kami di surga, melalui Yesus Kristus, Putra-Mu, Engkau berkenan menyelamatkan dunia. Tolonglah kami dalam menyiapkan diri menyongsong kedatangan Putra-Mu itu sehingga kami pantas mengalami karya keselamatan-Mu. Sebab, Dialah Tuhan dan Pengantara kami, yang bersama Dikau dalam persatuan dengan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Nubuat Yeremia 33:14-16

“Aku akan menumbuhkan Tunas Keadilan bagi Daud.”

Beginilah firman Tuhan, “Sungguh, waktunya akan datang, bahwa Aku menepati janji yang telah Kukatakan kepada kaum Israel dan kaum Yehuda. Pada waktu itu Aku akan menumbuhkan Tunas Keadilan bagi Daud. Ia akan melaksanakan keadilan dan kebenaran di negeri. Pada waktu itu Yehuda akan dibebaskan dan Yerusalem akan hidup dengan tenteram. Dan dengan nama inilah mereka akan dipanggil: “Tuhan keadilan-Kita.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 25:4bc-5ab.8-9.10.14

Ref. Tuhan, Engkaulah penyelamatku.

  1. Beritahukan jalan-jalan-Mu kepadaku ya Tuhan, tunjukkanlah lorong-lorong-Mu kepadaku, bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan daku.

  2. Tuhan itu baik dan benar, sebab ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat. Ia membimbing orang-orang yang rendah hati, menurut hukum dan mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang bersahaja.

  3. Segala jalan Tuhan adalah kasih setia dan kebenaran bagi orang yang berpegang pada perjanjian dan peringatan-peringatan-Nya. Tuhan bergaul karib dengan orang yang takwa pada-Nya, dan perjanjian-Nya Ia beritahukan kepada mereka.

BACAAN KEDUA: Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Tesalonika 3:12-4:2

“Semoga Tuhan Allah menguatkan hatimu pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita.”

Saudara-saudara, semoga Tuhan menjadikan kamu bertambah-tambah, dan berkelimpahan dalam kasih satu sama lain, dan dalam kasih terhadap semua orang seperti kami pun menaruh kasih kepadamu. Semoga Ia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita, bersama orang kudus-Nya. Akhirnya, Saudara-saudara, demi Tuhan Yesus kami meminta dan menasihati kamu: Kamu telah mendengar dari kami, bagaimana kamu harus hidup supaya berkenan kepada Allah. Hal itu memang sudah kamu turuti. Tetapi baiklah kamu melakukannya lebih bersungguh-sungguh lagi. Kamu tahu juga petunjuk-petunjuk mana yang telah kami berikan kepadamu atas nama Tuhan Yesus.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya, alleluya, alleluya
S : (Mzm 85:8) Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya Tuhan, dan berilah keselamatan yang dari pada-Mu.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 21:25-28.34-36

“Penyelamatanmu sudah dekat.”

Sekali peristiwa Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Akan tampak tanda-tanda pada matahari, pada bulan dan bintang-bintang, dan pada bumi. Bangsa-bangsa di bumi. Bangsa-bangsa di bumi akan ketakutan dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena cemas berhubung dengan segala sesuatu yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan bergoncangan. Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Apabila semuanya itu di mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu sebab penyelamatanmu sudah dekat. Oleh karena itu, jagalah dirimu, jangan sampai hatimu sarat dengan pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi, dan jangan sampai hari Tuhan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini. Berjagalah-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu mendapat kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.”
Demikianlah Injil Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Edi Prasetyo SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Saudara/I, Para Sahabat Hati Kudus Yesus yang terkasih, Hari ini kita memasuki tahun Liturgi yang baru yang diawali dengan Minggu Adven 1. Mungkin kalau kita mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan, tempat-tempat ini sudah mulai bersolek diri dengan berbagai pernak-pernik Natal. Euforia Natal makin terasa dengan perang diskon untuk memeriahkan perayaan Natal.  Meski demikian, kita sebagai orang Katolik diingatkan untuk menahan diri. Kita ingin meyambut Natal, pertama-tama dengan persiapan batin dan hati. Inilah Adven; masa menantikan kedatangan Tuhan dengan membersihkan sudut-sudut hati kita yang gelap.

Bacaan hari ini membantu kita dalam mempersiapkan diri secara rohani dalam menyambut kedatangan Yesus Kristus penyelamat kita. Lukas mengajak kita untuk berjaga-jaga sambil menantikan waktu Tuhan yang akan datang. Lukas mengingatkan kita bahwa hidup kita di dunia adalah sebuah perjalanan atau peziarahan. Peziarahan itu adalah peziarahan yang mengarah pada perubahan hidup dan tata nilai. Kehancuran Yerusalem lama menandakan hancurnya tatanan hidup yang lama, dimana banyak orang menjadi budak hukum agama dan menolak pembebasan yang diusung Yesus. Kita ingin menyambut lahirnya era Yerusalem baru, yaitu Kristus dan tata hukum yang baru pula. Lukas menegaskan bahwa berjaga-jaga adalah sikap yang terbaik dalam menantikan saat-saat baru, di mana Yesus menghadirkan tata nilai baru, bukan lagi diperbudak hukum, tetapi pelaku hukum baru yaitu cinta kasih. Bagaimana kami mesti berjaga-jaga? Perubahan tata hidup adalah kunci. Perubahan tata hidup diawali dengan perubahan tingkah laku, pesta pora, kesenangan-kesenangan. Sikap pertobatan menuju sebuah proses rekonsiliasi; berdamai dengan Tuhan, dengan sesama dan seluruh alam ciptaan.

Gereja mengundang kita untuk menyiapkan diri agar pantas menyambut hadirnya Tuhan. Adven berarti sebuah penantian, layaknya sebuah momen dimana  kita menantikan seseorang yang kita cintai, seseorang yang kepadanya kita beri perhatian, dan siap menyediakan waktu kita untuknya.

Maka saudara-saudariku, Mari membuka tahun baru liturgi ini bukan dengan pesta pora dan hura-hura, namun pertobatan yang menghadirkan rasa damai bagi kita dan sesama kita. Saya memberkati saudara dengan berkat Allah yang melimpah, dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus. Amin.  semoga Hati Kudus Yesus senantiasa merajai hati kita semua. Amin . Berkah Dalem.

DOA UMAT:

I : Marilah kita memanjatkan doa kepada Allah Bapa, yang demikian dekat dengan kita dalam diri Yesus, Putra-Nya.

L : Bagi Gereja Kristus: Allah Bapa Mahabaik, bimbinglah Gereja-Mu pada Masa Adven ini untuk memperbaharui diri agar semakin mampu mewartakan kabar sukacita kedatangan Kristus bagi semakin banyak orang. Marilah kita mohon,…

U : Tuhan, cahaya sejati hidup kami, dengarkanlah doa kami.

L : Bagi para pemimpin bangsa-bangsa: Allah Bapa Mahabijaksana, semoga kegembiraan Natal sungguh menggerakkan para pemimpin bangsa untuk semakin bergiat dalam melayani rakyatnya menuju kesejahteraan dunia. Marilah kita mohon,..

U : Tuhan, cahaya sejati hidup kami, dengarkanlah doa kami.

L : Bagi orang-orang yang menderita dan tertindas: Allah Bapa Mahabaik, di Masa Adven in, bangkitkanlah harapan dan semangat baru bagi mereka yang sedang menderita dan tertindas hidupnya sehingga mereka senantiasa bertekun dalam menantikan kedatangan Sang Cahaya Sejati hidup kami, Tuhan Yesus Kristus. Marilah kita mohon,..

U : Tuhan, cahaya sejati hidup kami, dengarkanlah doa kami.

L : Bagi kita semua di sini: Allah Bapa Mahabijaksana, tuntunlah kami untuk semakin saling menghormati satu sama lain dan menjadi berkat bagi sesama kami. Marilah kita mohon,…

U : Tuhan, cahaya sejati hidup kami, dengarkanlah doa kami.

I : Allah Bapa Yang Mahabaik, Engkau hadir dalam hidup kami. Berkat kedatangan kembali Kristus, Putra manusia, kegelapan hidup kami telah dihalau dan digantikan oleh terang yang menggembirakan dan membahagiakan kami. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin

DOA PERSEMBAHAN:

Tuhan Yang Maha Pengasih, terimalah roti dan anggur yang kami persembahkan ini. Semoga persembahan kami ini disatukan dengan persembahan Kristus, Putra-Mu, sehingga mendamaikan kami dengan Dikau serta mendatangkan perdamaian di atas muka bumi ini. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

ANTIFON KOMUNI – Mazmur85:13

Tuhan akan memberikan kebaikan dan negeri kita akan memberikan hasilnya.

DOA SESUDAH KOMUNI:

Marilah kita berdoa: Allah Bapa Yang Mahabaik, kami bersyukur kepada-Mu atas kehadiran Putra-Mu dalam Perayaan Ekaristi ini. Semoga tubuh-Nya yang telah kami sambut menghidupkan pengharapan kami akan dunia baru sehingga kami bertahan dalam peziarahan menuju kepada-Mu di surga. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

Baca Juga:  Jumat, 29 April 2022 – Peringatan Wajib Sta. Katarina dari Siena, Perawan dan Pujangga Gereja

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.