RENA Minggu, 14 November 2021 – Minggu Biasa XXXIII

Posted on

Renungan Iman Katolik

Fr. Wilfridus Sindhu Aji Gangga Rahmanto dari komunitas Postulat-Novisiat SCJ Gisting Indonesia

 
 
 
 
 

AUDIO RENA:

AKHIR ZAMAN, SIAPA TAKUT?

Halo, adik-adik! Bagaimana kabar kalian semua? Frater harap kita semua dalam keadaan sehat dan semangat ya. Sudah siap belum untuk mendengarkan dan merenungkan sabda Yesus hari ini? Nah, hari ini bersama Fr. Sindhu, kita akan merenungkan sabda Yesus tentang akhir zaman. Injil hari ini diambil dari Injil Markus 13: 24-32 (Bacaan Injil)

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus 13:24-32

“Ia akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru dunia.”

Sekali peristiwa, dalam khotbah-Nya tentang akhir zaman, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Pada akhir zaman, sesudah siksaan-siksaan yang berat, matahari akan menjadi gelap, dan bulan tidak bercahaya; bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan goncang. Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan-awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Dan pada waktu itu pula Ia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya keluar dan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung bumi sampai ke ujung langit. Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara. Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas kamu tahu bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu lihat hal-hal terjadi, ketahuilah bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya itu terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu. Tetapi tentang hari atau saat itu tidak ada seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anak pun tidak! Hanya Bapa yang tahu!”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Nah, kita sudah mendengarkan Injil hari ini, bagaimana perasaan adik-adik? Ngeri? Takut? Khawatir? Tenang adik-adik, Injil hari ini memang berbicara tentang akhir zaman, tetapi bukan untuk  menakut-nakuti kita, tetapi justru kita diajak untuk mempersiapkan diri. Kita memang tidak ada yang tahu kapan akhir zaman itu akan datang, tetapi Yesus mengajak kita untuk senantiasa menanti masa itu dengan siap sedia. Nah, “berjaga dengan siap-sedia” itu caranya bagaimana sih? Caranya mudah adik-adik, kita mesti saling mengasihi keluarga, teman, sahabat, saling membantu, berdoa, dan masih banyak cara baik lagi yang adik-adik bisa lakukan. Pada intinya, masa penantian ini bisa diisi dengan hal-hal yang baik. Akhir zaman juga biasa kita sebut kiamat. Ketika viral bahwa 2012 lalu akan terjadi kiamat, kita heboh sekali dan khawatir, termasuk frater.

Setelah menanti-nanti, ternyata ramalan kiamat itu tidak terjadi dan dunia masih ada hingga sekarang ini. Kita dapat belajar dari peristiwa itu bahwa akhir zaman itu tidak ada yang mengetahui kapan akan terjadinya. Dalam Injil tertulis, “hanya Bapa yang mengetahuinya”, itu mau menunjukkan kuasa dan kebesaran Allah Bapa memanglah tak ada yang dapat menyaingi.

Satu hal yang kita perlu tetap ingat adik-adik, bahwa kita sebagai anak-anak Tuhan Yesus, tidak perlu takut akan akhir zaman yang akan datang. Kita adalah anak-anak Tuhan Yesus, yang adalah penyelamat dunia. Yang terpenting, kita mesti mengisi masa penantian ini dengan terus berbuat kasih pada sesama kita, rajin berdoa pada Tuhan dan melakukan hal-hal baik bagi sesama dan demi kemuliaan Tuhan. Selamat berbagi kasih, Tuhan memberkati. Amin.

DOANLOAD AUDIO RENA: 

text

Gravatar Image
Merenungkan sabda Tuhan di saat hening di pagi hari akan menjaga hati dan pikiran kita dari kuasa roh jahat. Berkah Dalem...