Sabtu, 06 November 2021 – Hari Biasa Pekan XXXI

Posted on

Renungan Iman Katolik

Rm. Agustinus Kelik Pribadi SCJ dari Komunitas SCJ Palembang Indonesia

 
 
 
 

AUDIO RESI:

ANTIFON PEMBUKA – Roma 16:25

Terpujilah Allah yang berkuasa meneguhkan kalian menurut Injil yang kumaklumkan dan sesuai pewartaan Yesus Kristus.

PENGANTAR:

Jika kita tidak jujur dalam mengelola milik orang lain, siapa yang akan mempercayakan harta sejati kepadamu? Kejujuran yang dituntut dari kita ialah pengelolaan milik Tuhan. ‘Segala milik-ku. adalah milikmu, dan segala milikmu adalah milik-Ku.’ Tuhan mempercayakan segala sesuatu ke tangan manusia. Tawaran itu mengandung risiko. Tetapi membuktikan pula betapa besar kepercayaan yang diberikan Tuhan kepada manusia.

DOA PEMBUKA:

Marilah bedoa: Allah Bapa kami yang mahabaik, perkenankanlah kami selalu dengan setia menjaga misteri yang telah Kaunyatakan kepada kami dalam diri Yesus Putra-Mu terkasih. Semoga hidup kami memperlihatkan bakti setia kami kepada sabda-Nya yang membawa kehidupan dan kebebasan. Sebab Dialah Putra-Mu, ….

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Roma 16:3-9.16.22-27

“Hendaklah kalian saling memberi salam dengan cium kudus.”

Saudara-saudara, sampaikan salamku kepada Priska dan Akwila, teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus. Mereka telah mempertaruhkan nyawa untuk hidupku. Kepada mereka bukan aku saja yang berterima kasih, tetapi juga semua jemaat bukan Yahudi. Salam juga kepada jemaat di rumah mereka. Salam kepada Epenetus, saudara yang kukasihi; dialah buah pertama dari daerah Asia untuk Kristus. Salam kepada Maria, yang telah bekerja keras untuk kalian. Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama dengan daku; mereka itu orang-orang terpandang di antara para rasul dan telah menjadi Kristen sebelum aku. Salam kepada Ampliatus yang kukasihi dalam Tuhan. Salam kepada Urbanus, teman sekerja kami dalam Kristus, dan salam kepada Stakhis yang kukasihi. Hendaklah kalian saling memberi salam dengan cium kudus. Salam kepada kalian dari semua jemaat Kristen. Salam dalam Tuhan dari Tertius, yaitu aku yang menulis surat ini. Salam bagi kalian dari Gayus yang memberi tumpangan kepadaku, dan bagi seluruh jemaat. Salam kepada kalian dari Erastus, bendahara negeri, dan dari Kwartus, saudara kita. Kasih karunia Yesus Kristus, Tuhan kita, menyertai kalian semua. Amin. Allah berkuasa menguatkan kalian menurut Injil yang kumaklumkan dan pewartaan tentang Yesus Kristus, yang isinya ialah pernyataan yang berabad-abad lamanya tersembunyi, tapi kini dinyatakan, yang menurut perintah Allah yang abadi telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman. Bagi DIa, satu-satunya Allah yang penuh hikmat itu, segala kemuliaan untuk selama-lamanya, oleh Yesus Kristus. Amin!
Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 145:2-3.4-5.10-11

Ref. Aku hendak memuji nama-Mu, ya Tuhan, selama-lamanya.

  1. Setiap hari aku hendak memuji Engkau, dan memuliakan nama-Mu untuk selama-lamanya. Besarlah Tuhan, dan sangat terpuji; kebesaran-Nya tidak terselami.

  2. Angkatan demi angkatan akan memegahkan karya-karya-Mu, dan akan memberitakan keperkasaan-Mu. Semarak kemuliaan-Mu yang agung akan kukidungkan, dan karya-karya-Mu yang ajaib akan kunyanyikan.

  3. Segala yang Kaujadikan akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau. Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu.

BAIT PENGANTAR INJIL

U : Alleluya
S : (2Kor 8:9) Yesus Kristus telah menjadi miskin, meskipun Ia kaya, agar kalian menjadi kaya berkat kemiskinan-Nya.

BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 16:9-15

“Jika kalian tidak setia mengurus mamon durhaka, siapakah yang mau mempercayakan harta sejati kepadamu?”

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Ikatlah persahabatan dengan mempergunakan mamon yang tidak jujur, supaya jika mamon itu tidak dapat menolong lagi, kalian diterima dalam kemah abadi. Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar. Jadi jika kalian tidak setia mengurus mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan harta sejati kepadamu? [Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu?] Seorang hamba tidak mungkin mengabdi dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain; atau ia akan setia kepada yang seorang, dan tidak mengindahkan yang lain. Kalian tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada mamon.” Semuanya itu didengar oleh orang-orang Farisi, hamba-hamba uang itu, dan mereka mencemoohkan Yesus. Maka Yesus berkata kepada mereka, “Kalian membenarkan diri di hadapan orang, tetapi Allah mengetahui hatimu. Sebab apa yang dikagumi manusia, dibenci oleh Allah.”
Demikianlah Injil Tuhan
Terpujilah Kristus.

RESI DIBAWAKAN OLEH Rm. Agustinus Kelik Pribadi SCJ

Vivat Cor Iesu per Cor Mariae. Hiduplah Hati Yesus melalui Hati Maria.

Sahabat resi yang mengasihi Tuhan, jumpa lagi dengan saya romo Agustinus Kelik Pribadi SCJ dari komunitas Palembang dalam resi, renungan singkat dehonian edisi 6 November 2021. Mari kita dengarkan firman Tuhan dari Injil Lukas 16:9-1

BERSAHABAT DENGAN MAMON DAN KELUAR DARI JERATNYA

Sahabat resi yang mengasihi Tuhan, segala sesuatu mendatangkan kebaikan atau sebaliknya bisa mendatangkan yang buruk, tergantung pada kita memperlakukanya apakah dengan baik dan benar dalam ketekunan dari mulai hal hal yang kecil sampai hal yang besar. Yang baik pun ahirnya bisa mendatangkan yang buruk, dan yang burukpun kalau tidak salah urus bisa mendatangkan yang baik. Mamon adalah sebuah kenyataan yang sering bisa kita jumpai dalam hidup kita. Mamon dari akar katanya bisa berarti harta kekayaan, keuntungan, uang yang diperoleh secara tidak benar entah itu curang, menindas dan dalam bahasa sekarang  korupsi. Apa yang akan kita lakukan ketika kita tahu dalam pemenuhan hidup kita ternyata memakai mamon. Apakah kita akan berhenti makan, berhenti sekolah, sementara itu hanya  ada  mamon di tangan kita.

Dalam bacaan Injil Yesus mengingatkan bahwa barangsiapa tidak setia mengurus mamon yang tidak jujur, siapa yang akan mempercayakan harta sejati kepadamu?  Cara mengurus mamon yang tidak jujur itu adalah bagaimana kita perlahan lahan keluar dari jerat mamon ini. Maka sering kita mendengar orang berkamuflase dengan mengunakan sebagian mamonnya untuk kebaikan, berderma, menolong orang sakit, membantu orang msikin, membangun rumah Ibadah. Perbutanya sendiri berbagi adalah baik, tapi cukupkah untuk mencuci dosanya kalau akarnya tidak disembuhkan. Mengapa dikatakan kamuflase karena yang bersangkutan tetap berjuang mendapatkan mamon yang tidak jujur dengan cara yang sama. Kalau kemudian dalam ketekunanya mengurus dari hal hal yang kecil sampai hal yang besar keluar dari jerat mamon dengan cara mengembalikan mamon yg tidak jujur pada yang berhak secara terbuka atau tertutup, membangun usaha yang baru atau sekurang kurang mentalitas baru, cara mendapatkan keuntungan secara jujur maka mamon yang tidak jujur itu bisa dia urus. Bahkan sesudah itu barangkali kita akan dipercayakan harta surgawi pada kita.

Kita semua apapun keadaanya, kedudukanya selalu punya tangung jawab. Semoga kita bisa melakukanya dengan setia meskipun itu hal hal yang kecil atau bahkan hal hal yang besar. BERKAT TUHAN MENYERTAI KITA

DOA PENGANTAR PERSEMBAHAN

Allah Bapa kami yang mahasetia, berkatilah kiranya Gereja kami dengan Roh Putra-Mu, yang terbukti patuh setia kepada kehendak-Mu. Sebab Dialah ….

ANTIFON KOMUNI – Mazmur 145:10-11

Segala yang Kaujadikan akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau. Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu.

DOA SESUDAH KOMUNI

Marilah berdoa: Allah Bapa kami di surga, semoga hati kami terbuka untuk menerima sabda-Mu melalui Yesus Putra-Mu. Berkenanlah lalu menyemangati hidup dan karya kami dan mengungkapkan kepada kami siapakah Engkau bagi kami. Demi Kristus, ….

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

text

Gravatar Image
Merenungkan sabda Tuhan di saat hening di pagi hari akan menjaga hati dan pikiran kita dari kuasa roh jahat. Berkah Dalem...