RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 4 NOVEMBER 2021)

Posted on

RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 4 NOVEMBER 2021

PEKAN BIASA XXXI

BACAAN I: Rm. 14:7-12

MAZMUR: 27:1.4.13-14;

BACAAN INJIL: Injil Lukas 15:1-10

Para pemungut cukai dan orang-orang berdosa biasanya datang kepada Yesus untuk mendengarkan Dia. Maka bersungut-sungutlah orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat, katanya: “Ia menerima orang-orang berdosa dan makan bersama-sama dengan mereka.” Lalu Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: “Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya? Dan kalau ia telah menemukannya, ia meletakkannya di atas bahunya dengan gembira, dan setibanya di rumah ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata kepada mereka: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan. Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan.” “Atau perempuan manakah yang mempunyai sepuluh dirham, dan jika ia kehilangan satu di antaranya, tidak menyalakan pelita dan menyapu rumah serta mencarinya dengan cermat sampai ia menemukannya? Dan kalau ia telah menemukannya, ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dirhamku yang hilang itu telah kutemukan. Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat.”

RENUNGAN:

Hari ini, bacaan-bacaan berbicara tentang fakta bahwa sebenarnya setiap orang yang sudah ditebus oleh Tuhan, tidak lagi hidup untuk diri sendiri. Bahkan, Paulus menekankan bahwa jika seseorang mati, mereka pun tidak mati untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Tuhan. Hidup kita adalah milik Tuhan. Artinya, apa pun yang kita lakukan, apa pun yang kita pikirkan, semua harus bagi kepentingan mewartakan kasih Tuhan. “Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan” (Rm. 14:8b).

Hal yang menarik juga dari kisah Injil pada hari ini adalah hubungan dan perhatian Yesus terhadap orang yang berdosa. Hal ini ditunjukkan-Nya dalam kisah perumpamaan tentang domba dan dirham yang hilang. Mereka mencari dan sangat bersukacita ketika menemukannya kembali. lnilah gambaran kemurahan hati Allah. Allah sangat mengasihi dan peduli dengan kita. Kepedulian Allah terhadap kita sungguh luar biasa. la rela meninggalkan segalanya untuk mencari dan menemukan domba-Nya yang hilang. Kita pun diundang oleh Allah untuk memiliki sikap peduli terhadap orang yang dipinggirkan orang yang dikucilkan, dan orang yang kehilangan harapan.

Ya Allah, mampukanlah kami untuk semakin menyadari bahwa apa yang ada pada kami adalah milik-Mu. Semoga kami menggunakannya demi kemuliaan-Mu. Amin

Gravatar Image
Merenungkan sabda Tuhan di saat hening di pagi hari akan menjaga hati dan pikiran kita dari kuasa roh jahat. Berkah Dalem...