RENA Minggu, 31 Oktober 2021 – Minggu Biasa XXXI

Posted on

Renungan Iman Katolik

Br. Andreas Gatot SCJ dari Komunitas Provinsialat SCJ Palembang Indonesia

 
 
 

AUDIO RESI:

Halo adik-adik… Salam Jumpa dengan RENA Dehonaian! Apa khabar adik-adik? Hebat….. Hebat….. Hebat…… Jumpa lagi dengan Br. Gatot SCJ dari Palembang.. Vivat Cor Jesu….. Per Cor Marie..

Selamat Hari Minggu adik-adik yang cantik-cantik dan genteng-ganteng.. wah kita sudah berada di akhir bulan oktober, dan ini berarti akhir dari bulan rosario. Namun ingat adik-adik.. bukan berarti kita selesai berdoa rosario ya..tetapi harus tetap berdoa rosario ya bersama Bunda maria agar kita semakin dekat dengan Tuhan Yesus.. Amin kan adik-adik..Aminnn bruder….

Sebelum bruder lanjutkan rena kita, .. bruder akan sapa teman-teman dulu ya.. Fael, Biel, Kak Joe, kak vanya, dik Dea, Mbak Dina, Dik Ito, Marel, Micha, Alexy, bimo, Gerad, Clou, Gesti, abank Martin, Bintang, Chelsi, Rindu, mbak lintang.. dik Iya, cici, Luca, dik Michael dan dik Regina, Stefi, Astri, Damar, Yansen, luisa, Celine,  Mas Deo, Dik Kristo, kak Agnes, dik Kanaya, dik Keyla, dan adik-adik BIA Santa Angela Banjar…

Adik-adik…sebelum kita mendengarkan Injil yang akan bruder bacakan ini, kita membuat tanda salib dulu yuk…….Dalam nama Bapa.. dan Putera.. dan Roh Kudus.. Amin..

Nah bruder akan membacakan kisah yang di ambil dari  Injil karangan St.  Markus bab 12, ayat 28b sampai dengan ayat 34

Pada suatu hari, datanglah seorang ahli Taurat kepada Yesus, dan bertanya, “Perintah manakah yang paling utama?” Yesus menjawab, “Perintah yang paling utama ialah: Dengarlah, hai orang Israel! Tuhan Allah kita itu Tuhan yang esa! Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa dan dengan segenap akal budi dan dengan segenap kekuatanmu.
Dan, perintah yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada perintah lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini.” Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus, “Guru, tepat sekali apa yang Kaukatakan itu, bahwa Allah itu esa, dan tidak ada Allah lain kecuali Dia. Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, serta mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri jauh lebih utama daripada semua kurban bakaran dan kurban sembelihan.” Yesus melihat, betapa bijaksananya jawab orang itu. Maka, Ia berkata kepadanya, “Engkau tidak jauh dari Kerajaan Allah!” Dan tak seorang pun masih berani menanyakan sesuatu kepada Yesus.
Demikianlah Injil Tuhan! U. Terpujilah Kristus

Adik-adik yang baik, yang disayang Tuhan.. Hari ini kita mendengar Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita dua perintah utama? Hayooo apa itu?

Hukum Pertama Yaitu, “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa dan dengan segenap akal budi dan dengan segenap kekuatanmudiingat-ingat ya adik-adik…” Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa dan dengan segenap akal budi dan dengan segenap kekuatanmu

Hukum Kedua Yaitu: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Apa adik-adik? .. ” Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Dah diingat-ingat yaa.. Hukum Utama umat kristiani atau umat katolik ada dua, yaitu “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa dan dengan segenap akal budi dan dengan segenap kekuatanmudan “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”.

Lalu bagaimana caranya bruder supaya bisa mengasihi Allah dan mengasihi sesama? Nahhhh agar kita bisa mengasihi Allah dengan segenap hati, segenap jiwa, segenap akap budi dan segenap kekuatan adalah kita harus rajin-rajin berdoa, rajin-rajin ke Gereja mengikuti perayaan ekaristi, ikut kegiatan bina iman, misdinat, rajin-rajin baca kitab suci, ikut ziarah ke gua maria, dan lain-lain…

Nah kalau mengasihi sesama seperti diri sendiri itu bagaimana ya adik-adik?. Adik-adik pernah dicubit teman ngga? Pernah kannn, rasanya bagaiamana.. Sakit kan? Adik-adik suka ngga dicubit… tentu tidak kan? Nah maka dari itu adik-adik tidak boleh mencubit, menyakiti, mengejek, membuli teman-teman adik-adik, sebab adik-adik ngga suka kan kalau diperlakukan demikian?

Nah adik-adik pernah merasakan kehausan dan merasa lapar belum? Pernah kan? Rasanya bagaimana?.. Iya pasti ngga enak kann.. seperti mau pingsan.. hehehehe.. Maka adik-adik juga harus menolong sesama, tidak pelit bagi makanan atau minuman, suka berderma menolong sesama, karena adik-adik pasti suka kalau ditolong kan, suka kan kalua dibagi makanan atau minuman kan.. nah itu artinya adik-adik mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri..

Nahhh mari kita nyayikan lagu KASIH yuk…bersama-sama dengan brduer dan teman-teman lainnya.. lagunya gampang kok

K….A….S….I….H… 2x

Kasih-Kasih-Kasih 2x

Kasih….

Kasih Itu Sabar

Tidak Suka Marah-Marah

Sayang Kepada Teman

Seperti Kasih Yesus

Tuhan Yesus yang baik, Terima kasih Tuhan karena Engkau telah mengajarkan hukum utama yaitu hukum untuk mengasihi Tuhan dan sesame. Berkatilah kami ya Tuhan agar kami semakin bisa mengasihi Engkau dan mengasihi sesame kami. Amin

Dalam nama bapa dan Putra dan Roh kudus.. Amin. Sampai jumpa adik-adik .. Tuhan Memberkati. Berkah Dalem..

DOWNLOAD AUDIO RESI: 

text

Gravatar Image
Merenungkan sabda Tuhan di saat hening di pagi hari akan menjaga hati dan pikiran kita dari kuasa roh jahat. Berkah Dalem...