19 Uskup Hadiri Jubelium Mgr. Hilarius Moa Nurak SVD: 40 Tahun Imamat, 25 Tahun Uskup Pangkalpinang (1)

PANAS terik sungguh tak mampu membendung animo besar  2.000-an umat katolik dari semua paroki di Keuskupan Pangkalpinang, untuk menyemut menghadiri misa agung peringatan jubelium 40 tahun imamat dan 25 tahun episkopal Uskup Pangkalpinang Mgr. Hilarius Moa Nurak SVD. Minggu siang  di tengah hawa panas terik yang menyengat di halaman Sekolah Santo Yosef di Ibukota Pangkalpinang di Provinsi Bangka-Belitung, ribuan umat terlihat antusias mengikuti perayaan ekaristi tanda syukur atas rahmat tahbisan imamat dan tahbisan uskup yang pernah diterima Mgr. Hilarius Moa Nurak SVD.

19 Uskup dari beberapa wilayah diosis gerejani tampak hadir menyemarakkan pesta jubelium ini. Dari regio Jawa hadirlah Uskup Purwokerto Mgr. Julianus Sunarka SJ yang tetap setia dengan topi kopiahnya yang khas Banyumasan. Juga Uskup Surabaya Mgr.  Vincentius Sutikno Wisaksono Pr.

Dari kawasan Nusa Tenggara Barat (NTB) hadir Uskup Diosis Denpasar Mgr. Sylvester San Pr;  juga Uskup Diosis Weetebula Sumba Mgr. Edmund Woga CsSr.

Dari kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT) muncul Uskup Agung Diosis Kupang Mgr. Petrus Turang Pr; Uskup Diosis Atambua Mgr. Dominikus Saku Pr; Uskup Emeritus Mgr. Pain Ratu SVD.

Uskup Diosis Larantuka Mgr. Fransiskus Kopong Kung juga tampak hadir di tengah kerumunan umat bersama Uskup Diosis Maumere Mgr. G. Kherubim Pareira SVD.

Dari regio Sumatra terlihat Uskup Padang sekaligus Ketua Presidium KWI Mgr. Martinus Situmorang OFMCap. Juga muncul Uskup Agung Diosis Medan Mgr. Anicetus B. Sinaga OFMCap. Juga Uskup Agung Palembang Mgr. Aloysius Sudarso SCJ.

Dari belahan paling timur Indonesia muncul Uskup Agung Diosis Merauke Mgr. Nicolaus Adi Seputra MSC.  Juga Uskup Diosis Amboina Mgr. Petrus Canisius Mandagi MSC.

Dari kawasan Kalimantan terlihat Uskup Diosis Palangkaraya Mgr. AM Sutrisnaatmaka MSF, Uskup Diosis Samarinda Mgr. Florentinus Sului MSF; Uskup Diosis Sintang Mgr. Agustinus Agus Pr; Uskup Diosis Tanjung Selor Mgr. Yustinus Harjosusanto MSF dan tak lupa Uskup Diosis Ketapang Mgr. Blasius Pujaraharja Pr yang sebentar lagi akan memasuki masa purnabakti.

Tak ketinggalan hadir pada perayaan jubelium ini Nuntius Duta Besar Vatikan Mgr. Antonio Guido Filipazzi. (Bersambung)

Photo credit: Uskup Diosis Pangkalpinang, Bangka Mgr. Hilaius Moa Nurak SVD (Mathias Hariyadi)

Artikel lain yang banyak dibaca:

5 pencarian oleh pembaca:

  1. Renungan harian antusias
  2. khotbah amsal 26:17-28
Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: