Yesus Kristus Membimbing Kita dengan Sabar

yesus makan bersama para murid by tissot

Minggu, 19 April 2015: Minggu Paskah III

Kis 3:13-15, 17-19; Mzm 4:2,4,7-9; Luke 24:35-48

Kata Yesus kepada para murid-Nya, “Adakah padamu makanan di sini…

Dari Injil hari ini kita belajar tentang kesabaran Yesus Kristus dalam membimbing para murid-Nya untuk percaya kepada-Nya. Ya, dengan kesabaran-Nya, Yesus menerima sikap para murid dan sikap kota. Ini sungguh meneguhkan.

Ia membimbing para murid yang dalam perjalanan menuju Emmaus dengan membiarkan diri-Nya dikenal saat memecah roti. Susudah itu, Yesus hadir menampakkan diri kepada mereka, namun mereka tak juga kunjung percaya. Mereka terkejut dan takut bahkan menyangka Tuhan hantu. Dan Yesus sabar membimbing mereka dengan rela makan ikan goreng untuk bukti bahwa Ia sungguh hadir dekat.

Tentu saja, Yesus Kristus Tuhan bukan hantu. Ia bukan sekadar bayangan imajinaai kita. Ia juga bukan ilusi dan khayalan kita. Yesus Kristus sungguh Allah sungguh manusia yang amat dekat dengan kita. Dialah Putra Allah yang tinggal di tengah kita dan membimbing kita.

Yesus Kristus lebih nyata dari ketakutan kita. Rahmat-Nya lebih kuat dari kelemahan kita, lebih berdayakuasa daripada dosa dan maut. Karena para murid-Nya mengalami berbagai reaksi yang campur aduk atas kehadiran-Nya, maka Ia undang mereka untuk teguh pada dan sadar akan iman mereka.

Dalam Adorasi Ekaristi Abadi kita belajar percaya kepada Yesus Kristus. Refleksi dan kontemplasi kita dalam iman sementara kita bersembah sujud pada-Nya membimbing kita sampai pada kebenaran akan Yesus Kristus yang wafat dan bangkit bagi kita.

Tuhan Yesus Kristus, bawalah kami pada damai sejahtera Paskah-Mu. Semoga kami hidup hanya bagi-Mu saja. Bantulah kami menemukan Dikau sebagai satu-satunya sumber pengharapan kami dan yang tidak pernah mengecewakan kami kini dan selamanya. Amin.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: