Yayasan Sekar Mawar: Pendidikan Anti Narkoba untuk SMA St. Aloysius Bandung

aloyBN-6

INILAH pendidikan pencegahan penyalahgunaan NAPZA di SMA St. Aloysius Bandung

“Walaupun Jomblo, Gue mah Kuat, Nggak Butuh NARKOBA” demikian bunyi poster yang dibuat oleh salah satu kelompok siswa SMA St. Aloysius Batununggal Bandung. Acara Talkshow yang bertema tentang Narkoba digelar oleh sekolah swasta ini pada tanggal 17 Juni 2015 bertempat di Aula SMA St. Aloysius, Jl. Batununggal Indah II Bandung.

Peserta dari acara ini adalah siswa-siswi kelas 10 dan 11 yang berjumlah sekitar 200 orang. Acara ini terselenggara berkat kerjasama dengan team dari Yayasan Sekar Mawar (YSM) Keuskupan Bandung.

SMA St. Aloysius Batununggal Bandung sangat peduli terhadap persoalan Narkoba/NAPZA yang saat ini mengancam kehidupan bangsa, terutama di kalangan generasi muda. Sifat-sifat remaja yang sering galau, ingin tahu, mengalami kegoncangan emosional, cenderung melawan otoritas, dan tekanan kelompok sebaya, merupakan faktor yang rentan terhadap penyalahgunaan NAPZA. (Baca juga: 15 Tahun Yayasan Sekar Mawar Keuskupan Bandung (YSM): Semangat Menjadi Manusia Baru)

aloyBN-1
Pendidikan anti narkoba di kalangan murid-murid SMA dibesut oleh Yayasan Sekar Mawar Keuskupan Bandung. (Dok. YSM)
aloyBN-4
Merawat kehidupan di kalangan anak-anak muda dengan penyadaran atas bahanya narkoba. Pendidikan anti narkoba digelar oleh Yayasan Sekar Mawar (YSM) Keuskupan Bandung untuk murid-murid SMA St. Aloysius Bandung. (Dok YSM)
aloyBN-10
Kampanye anti narkoba di kalangan anak-anak SMA St. Aloysius Bandung bersama Yayasan Sekar Mawar (YSM) Keuskupan Bandung. (Dok. YSM)
aloyBN-12
Murid-murid SMA Santo Aloysius Bandung mengikuti program pendidikan anti narkoba/nazap bersama Tim Pendidikan Anti Narkoba Yayasan Sekar Mawar (YSM) Keuskupan Bandung

Tim Yayasan Sekar Mawar memaparkan sejumlah fakta tentang penyalahgunaan NAPZA yang terjadi akhir-akhir ini dan perlu diwaspadai bersama. Wawasan tentang NAPZA perlu diberikan kepada siswa (remaja), seperti jenis-jenis NAPZA dan efeknya, pengertian tentang adiksi, pemulihan, serta bagaimana cara pencegahannya. (Baca juga:  Yayasan Sekar Mawar Keuskupan Bandung untuk Pasien Pecandu Narkoba)

Siswa remaja perlu disadarkan bahwa hidup ini mempunyai banyak pilihan. Mereka diberi kebebasan untuk memilih dan memutuskan, tetapi hendaknya keputusan yang diambil adalah keputusan yang benar sehingga mereka tidak sampai terjerumus kedalam masalah yang dapat menghancurkan masa depan mereka. (Baca juga: Narkoba dalam Perbincangan Mahasiswa Unpar Bandung)

Acara talkshow narkoba juga dilengkapi dengan testimoni dari mantan residen Panti Rehabilitasi YSM yang telah berhasil keluar dari jerat narkoba. Pada sesi terakhir siswa-siswi dibagi dalam kelompok-kelompok dan membuat Poster Antinarkoba sebagai bentuk aksi, bahwa mereka peduli dan menolak Narkoba.

aloyBN-5
Poster Anti Narkoba buatan murid-murid St. Aloysius Bandung. (Dok. YSM)

Poster Antinarkoba juga merupakan bentuk penegasan sekaligus himbauan pada diri sendiri dan orang lain, bahwa kita harus menjauhi Narkoba dan menentang segala bentuk penyalahgunaannya, seperti tersirat dalam ungkapan salah satu poster ini: “Use Drugs ? How Long Can You Live?”.

aloyBN-6
Say No to Drugs — poster buatan murid-murid St. Aloysius Bandung. (Dok. YSM)
Anti Narkoba

aloyBN-5

Artikel lain yang banyak dibaca:

5 pencarian oleh pembaca:

  1. poster anti narkoba terbaru
Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: