Wow, Kita Ini Gambar-Nya

santo ireneusMinggu, 20 Oktober 2014. Hari Minggu Biasa XXIX Yesaya 45:1.4-6; Mzm 96:1.3.4.5.7-8.9-10; 1Tesalonika 1:1-5b; Matius 22:15-21 “Gambar dan tulisan siapakah ini?” KAUM  Farisi dan Herodian mencobai Yesus dengan pertanyaan yang menjebak dengan pertanyaan seputar membayar pajak. Bolehlah membayar atau tidak? Kalau Yesus keliru menjawab maka jawaban-Nya akan menjerat-Nya. Kalau Yesus menjawab “Silahkan!” Dia akan dituduh […]

santo ireneus

Minggu, 20 Oktober 2014.

Hari Minggu Biasa XXIX Yesaya 45:1.4-6; Mzm 96:1.3.4.5.7-8.9-10; 1Tesalonika 1:1-5b; Matius 22:15-21

“Gambar dan tulisan siapakah ini?”

KAUM  Farisi dan Herodian mencobai Yesus dengan pertanyaan yang menjebak dengan pertanyaan seputar membayar pajak. Bolehlah membayar atau tidak?

Kalau Yesus keliru menjawab maka jawaban-Nya akan menjerat-Nya. Kalau Yesus menjawab “Silahkan!” Dia akan dituduh propenjajah. Bila Yesus menjawab “Jangan!” Dia pun dianngap salah karena akan dilaporkan sebagai pemberontak.

Syukurlah Yesus amat cerdas dan bijak.  “Mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik? Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak itu!” Mereka membawa suatu dinar kepada Yesus. Maka Yesus bertanya kepada mereka, “Gambar dan tulisan siapakah ini?”

Jawab mereka, “Gambar dan tulisan kaisar.” Lalu kata Yesus kepada mereka, “Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.” Atas jawaban itu mereka yang mau menjebak Yesus justru  menjadi bungkam dan ngacir.

Jawaban itu memberi peneguhan atad citra kita sebagai gambar Allah. Yesus menegaskan identitas kita sebagai citra Allah (Kejadian 1:26-27). Kita milik Allah seutuhnya bahkan telah ditebus dengan darah Kristus (Korinthians 6:19-20).

Dalam Adorasi Ekaristi Abadi, kita menyembah Allah yang telah menciptakan kita secitra dengan-Nya. Kita menyadari bahwa hidup kita seluruhnya adalah milik Allah. Kita persembahkan diri kita kepada-Nya seutuhnya. Semoga kita pun bertindak sesuai dengan citra kita sebagai gambar-Nya pula.

Tuhan Yesus Kristus, Allah Bapa kita telah menciptakan kami sebagai gambar-Nya. Buatlah kami mencecap kasih-Mu. Tariklah kami kepada-Mu, oh Tuhan, dalam kepenuhan kasih-Mu. Kami seutuhnya milik-Mu. Buatlah kami selalu milik-Mu sehingga kami mampu mengasihi setiap orang dengan kasih-Mu, kini dan selamanya. Amin.

Have a nice Sunday!

Girli Kebon Dalem
»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶
“abdi Dalem palawija”
Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan
Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply