WKRI Purworejo Mendapat Tamu Gabungan Organisasi Wanita Kab. Purworejo

WKRI Purworejo 2 by Esti Leonard

SETIAP Selasa pekan ke -3, Wanita Katolik RI (WKRI) Cabang Purworejo selalu mengadakan pertemuan rutin pengurus dan anggota. Namun, Selasa medio Januari lalu,  suasana berbeda dengan pertemuan biasanya, nampak lebih semarak dan banyak wajah yang tidak biasanya ada, hadir dalam pertemuan.

Sore itu,  Wanita Katolik RI  (WKRI) Cabang Purworejo mendapat kunjungan  Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kab. Purworejo. Hadir dari GOW adalah ketua Ibu Medi Priyono, dr. Lina Kurniawati, sekretaris, dan sie organisasi. Selain pengurus dan anggota WKRI Cab.Purworejo,  hadir pula perwakilan dari ranting-ranting, dan perwakilan  WKRI Cab. Purwosari dan Kutoarjo

Sosialisasi

GOW berkunjung ke organisasi WKRI dengan tujuan untuk sosialisasi visi, misi, tujuan, fungsi dari GOW, serta menjalin keakraban dan persaudaraan. Dari 24 organisasi wanita yang tercatat di GOW, baru tujuh yang bisa dikunjungi. Dalam kunjungannya kali ini, GOW mengisi kegiatan dengan penyuluhan kesehatan tentang hipertensi dan stroke dengan narasumber dr. Lina Kurniawati.

Dokter Lina –begitu panggilan akrabnya– mulainya dengan memberi pertanyaan: “Apakah Anda bahagia?” “Bahagia itu apa?”.

Dari jawaban-jawaban yang ada, disimpulkan oleh dr.Lina bahwa bahagia adalah keadaan dimana orang tahu tentang diri sendiri, hubungan dengan Tuhan dan sesama. Bagaimana membangun hubungan dengan Tuhan, sesama, dan alam ciptaan.

Diberikan hadiah pada setiap ibu yang bisa menjawab pertanyaan dr.Lina dengan benar.

WKRI Purworejo by Esti LeonardHipertensi adalah meningkatnya tekanan darah dimana tekanan darah diastolik menetap di atas 90 mmHg atau tekanan sistolik menetap di atas 140 mmHg.

Mengapa perlu memperhatikan hipertensi? Bagaimana gejalanya, klasifikasi, jenis dan kemungkinan faktor penyebab, bahaya hipertensi, pemeriksaan penunjang, pengobatan, pencegahan dan mengatasi darah tinggi adalah materi-materi yang disampaikan.

Stroke adalah suatu sindrom klinis dengan gejala berupa gangguan fungsi otak secara fokal maupun global yang dapat menimbulkan kematian, atau kecacatan yang menetap lebih dari 24 jam, tanpa penyebab lain kecuali gangguan vaskuler (WHO 1983). penyebab stroke, pencegahan, faktor , resiko, terapi spesifik pada stroke,dll adalah materi-materi yang disampaikan tentang materi stroke.

Bagian terakhir adalah tanya jawab. Ibu-ibu memang cukup antusias untuk mengetahui  berbagai hal tentang hipertensi dan stroke ini. Tak terasa waktu sudah cukup sore, dan selesailah sudah pertemuan dengan GOW Kabupaten Purworejo.

Terima kasih GOW Kabupaten Purworejo atas kunjungan dan pemberian materinya.

Merespon berita ini, Uskup Diosis Purwokerto Mgr. Julianus Sunarka SJ mengungkapkan apresiasinya. Beliau berharap,  WKRI  bisa kreatif atau mampu menggarami ( menjadi ragi bagi)  GOW dalam masalah gender yang kini menjadi isu hangat di dunia ini.

Photo credit: Esti Leonard

 

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: