What Do You See? (2)

(sambungan)

Ini semua sangat penting untuk dicermati oleh orang percaya, terlebih oleh para pemimpin termasuk di dalamnya para gembala. Sebagai pemimpin tentunya harus tahu apa yang menjadi visi dalam menggembalakan jemaat seperti yang Tuhan mau. Visi yang jelas yang berasal dari Tuhan harus dimiliki oleh para pemimpin agar pelayanannya sejalan dengan apa yang dikehendaki Tuhan dan bukan atas kehendak sendiri. Tanpa itu, semua akan jalan di tempat, melenceng dari tujuan dan akhirnya mengarah pada kegagalan.Kita semua telah dibekali kreativitas dan kemampuan daya pikir, tenaga, kepandaian dan berbagai talenta lainnya, itu benar. Tapi semua itu hanya akan maksimal jika dipakai untuk melakukan apa yang sesuai dengan visi Tuhan.

 

What do you see

Dalam kitab Yeremia Tuhan pun mengingatkan kriteria gembala yang baik. “Aku akan mengangkat bagimu gembala-gembala yang sesuai dengan hati-Ku; mereka akan menggembalakan kamu dengan pengetahuan dan pengertian.” (Yeremia 3:15). Dari sini kita bisa melihat bahwa gembala yang akan berhasil adalah gembala yang:
(1). Sesuai dengan hati Tuhan,
(2). Memiliki Pengetahuan, dan
(3). Memiliki pengertian/hikmat.

Ini 3 kriteria penting untuk bisa tampil menjadi pemimpin yang baik, yang tepat seperti apa yang Tuhan mau. Lihatlah poin pertama, bahwa pemimpin harus merupakan orang yang sesuai dengan hati Tuhan. Itu artinya para pemimpin perlu untuk selalu mencari tahu isi hati Tuhan sehingga bisa memimpin dengan visi yang jelas yang berasal dari Tuhan. Di sisi lain Tuhan pun mengingatkan mengenai para pemimpin yang akan gagal. “Sungguh, gembala-gembala sudah menjadi bodoh, mereka tidak menanyakan petunjuk TUHAN. Sebab itu mereka tidak berbahagia dan seluruh binatang gembalaan mereka cerai-berai.” (10:21). Gembala akan gagal, dan dikatakan menjadi bodoh apabila mereka tidak mendasari segala perencanaan atau konsep penggembalaannya seperti apa kata Tuhan. Pemimpin yang gagal adalah pemimpin yang tidak menanyakan petunjuk Tuhan, sedang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mengetahui visi jelas sesuai hati Tuhan.

Jika anda merupakan pemimpin, baik di gereja, dalam persekutuan, bagi anak-anak muda, pemimpin pujian dan sebagainya, ingatlah bahwa anda ditempatkan Tuhan sebagai wakilnya untuk menggembalakan jemaat seturut visi Tuhan. Karenanya dasarkanlah segala keputusan dan konsep-konsep menurut apa yang digambarkan Tuhan. Untuk mengetahui itu, tidak ada jalan lain selain rajin berdoa dan bertanya kepada Tuhan, peka terhadap suaraNya dan terus mengarahkan pandangan kepada Tuhan sepenuhnya. Para pemimpin wajib tahu apa yang Tuhan mau dalam hidup dan panggilan pelayanannya, dan dari situlah para pemimpin bisa membuat misi, rencana dan strategi untuk diikuti jemaatnya. Secara umum kepada yang bukan pemimpin, hal yang sama berlaku, karena kita hanya akan berhasil dengan gemilang jika kita menjalankan apa yang telah Tuhan rencanakan bagi setiap kita sejak awal. Apabila saat ini Tuhan bertanya kepada kita, “apa yang kau lihat..”, sudahkah kita bisa menjawabnya?

Miliki visi yang jelas dari Tuhan agar apa yang kita perbuat mencapai hasil gemilang

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: