Vatikan merilis jadwal Paus Fransiskus untuk Pekan Suci 2018

Jadwal Paus

Vatikan sedang mempersiapkan Pekan Suci dengan jadwal penuh perayaan-perayaan yang dijadwalkan untuk bagian paling suci dari tahun Gereja, dan Vatikan News akan menyiarkan liturgi-liturgi kepausan sepanjang Pekan Suci, dengan komentar langsung dalam bahasa Inggris.

Christopher Wells dari Vatican News melaporkan bahwa Pekan Suci 2018 dimulai pada Minggu Palma, 25 Maret, dengan perayaan Hari Orang Muda se-Dunia ke-33, yang dirayakan di tingkat keuskupan. Perayaan Gereja yang dilakukan setiap tahun untuk orang muda itu berganti-ganti antara perayaan internasional dan acara-acara keuskupan yang diadakan setiap dua-tiga tahun.

Hari Orang Muda se-Dunia tahun bertema, “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.” Itu kata-kata Malaikat Gabriel kepada Perawan Terberkati saat diberi kabar oleh malaikat Tuhan, sebagaimana diceritakan dalam Injil Lukas.

Untuk keuskupan Roma, perayaan itu akan berlangsung di Lapangan Santo Petrus. Paus Fransiskus akan memimpin Pemberkatan Daun Palma dan Perarakan Minggu Palma, diikuti oleh Misa Sengsara Tuhan.

Pada Kamis Putih ada dua acara liturgi yang utama yakni Misa Krisma, yang dirayakan di Basilika Santo Petrus, dan Misa Malam Perjamuan Tuhan, yang akan dipersembahkan oleh Bapa Suci di penjara Regina Coeli, tidak jauh dari Vatikan.

Dalam Misa Krisma, Uskup setempat memberkati Minyak-Minyak Suci yakni Minyak Krisma, yang digunakan untuk Sakramen Krisma (Penguatan), dan juga dalam Sakramen Pembaptisan dan Tahbisan Suci; Minyak untuk Katekumen, juga digunakan dalam Pembaptisan; dan Minyak untuk Orang Sakit, untuk Sakramen Pengurapan Orang Sakit. Di Roma, minyak-minyak yang sudah diberkati itu dibawa ke Gereja Katedral yakni Basilika Agung Santo Yohanes Lateran, dan dari situ akan dibagikan ke paroki-paroki di seluruh keuskupan.

Pada Kamis malam, Paus Fransiskus akan merayakan Misa Perjamuan Tuhan, memperingati pelembagaan Ekaristi dan Imamat. Mengikuti kebiasaan yang sudah ditetapkan pada awal kepausannya, Paus akan mengatakan Misa di penjara, tahun ini di Regina Coeli. Dalam liturgi itu, Paus Fransiskus akan mencuci kaki dua belas narapidana, meniru tindakan Yesus sendiri pada Perjamuan Terakhir.

Paus juga akan mendapat kesempatan untuk mengunjungi narapidana yang sakit di rumah sakit penjara, dan juga para tahanan di “Bagian VIII”, kawan bebas fasilitas bagi tahanan yang mungkin berisiko bagi masyarakat.

Hari berikutnya, Jumat Agung, Paus Fransiskus akan memimpin liturgi Pengenangan Sengsara dan Wafat Tuhan. Kebaktian pada hari Jumat Agung bukanlah Misa, karena tidak diadakan Ekaristi Kudus. Ritual itu terdiri dari Liturgi Sabda, Penghormatan Salib, dan Komuni Kudus. Sat itu, hosti yang sudah dikonsekrasi pada Kamis Putih dibagikan kepada para imam dan umat beriman.

Setelah Liturgi itu, Paus Fransiskus akan pergi ke Colosseum. Di sana Paus akan memimpin Via Crucis, Jalan Salib. Bapa Suci akan memberi renungan di akhir kebaktian, yang diikuti dengan Berkat Apostoliknya.

Ritual Pekan Suci mencapai puncaknya dalam Malam Paskah di Sabtu Suci yang Paus sebut sebagai “Mother of all Vigils” (induk semua vigili). Upacara dimulai dengan pencahayaan api baru, yang akan berlangsung di atrium Basilika Santo Petrus. Kemudian, dengan Lilin Paskah, para imam akan menuju panti imam dan di sana Paus Fransiskus akan memimpin Misa Kudus. Misa ini terkenal karena nyanyian Exultet, pewartaan tentang Kebangkitan Yesus dari kematian, dan karena liturgi pembaptisan setelah Liturgi Sabda.

Akhirnya, pada Minggu Paskah pagi, Paus Fransiskus akan merayakan Misa Kebangkitan Tuhan di Lapangan Santo Petrus. Setelah Misa, Bapa Suci akan memberikan Berkat Urbi et Orbi – untuk Kota [Roma], dan dunia.

Vatican News akan memberikan liputan lengkap semua peristiwa paus disertai komentar langsung untuk liturgi besar. Siaran dimulai sebelum awal setiap upacara.

Inilah jadwal lengkap acara paus selama Pekan Suci 2018 (semua dalam waktu Roma):

Minggu Palma Mengenang Sengsara Tuhan Yesus – 25 Maret

Hari Orang Muda se-Dunia XXXIII

Lapangan Santo Petrus

10.00 Misa Raya dari Mengenang Sengsara Tuhan Yesus (dengan Berkat dan Perarakan Palma)

Rabu Suci – 28 Maret

Lapangan Santo Petrus

10.00 Audiensi Umum

Kamis Putih – 29 Maret

Basilika Santo Petrus

10.00 Misa Krisma

Penjara Regina Coeli

16.30 Misa Malam Perjamuan Tuhan

Jumat Agung – 30 Maret

Basilika Santo Petrus

17.00 Pengenangan Sengsara dan Wafat Tuhan

Colosseum

21.15 Via Crucis (Jalan Salib)

Sabtu Suci – 31 Maret

Basilika Santo Petrus

20.30 Malam Paskah – Misa Kebangkitan Tuhan

Minggu Paskah – 1 April

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: