Uskup baru Tandag Mgr Raul Dael makan bersama orang miskin setelah pentahbisan

BpDael-DXGN-FM

Uskup Tandag Mgr Raul Dael makan bersama seorang anak jalanan di taman setelah pentahbisan uskupnya di Katedral Santo Agustinus di Kota Cagayan de Oro, 7 Juni 2018. FOTO DARI ROYAL DXGN FM-DAVAO

Setelah ditahbiskan menjadi uskup di Katedral Saint Agustinus, Tandag, Filipina, 7 Juni 2018, Uskup Tandag yang baru Mgr Raul Dael pergi ke taman terdekat untuk menemui penduduk kota yang sering terlewatkan yakni orang miskin dan tunawisma yang berkumpul di sana dan makan bersama mereka.


Menurut laporan wartawan CBCPNews, Richard de Leon, dari Kota Cagayan de Oro, Filipina, resepsi itu dilaksanakan oleh Keuskupan Agung Cagayan de Oro di Taman Gaston. Di tempat itu, “orang miskin tidak dianggap sebagai tamu yang tidak diundang.”


Kesenangan Mgr Dael terhadap kaum yang kurang beruntung bisa dimengerti, karena dia dibesarkan dari keluarga miskin di Jasa-an Misamis Oriental. Ungkapan bahasa Latin “Duc in altum” (bertolak ke tempat yang dalam), yang tertulis dalam lambang uskupnya, kembali mengumandangkan panggilan Gereja untuk menginjili orang-orang, terutama sektor masyarakat yang terpinggirkan.


Dalam ungkapan terima kasihnya, Mgr Dael mengungkapkan bahwa kaum miskin adalah “bagian dari perjamuan Gereja.” Uskup itu mengatakan, “Baiklah untuk menyadari bahwa, paling sering, kaum miskinlah yang memberi makanan kepada Gereja,” kata Mgr Dael. “Saya sungguh berharap agar katedral ini tidak ada tiang dan tembok sehingga saya bisa melihat orang-orang di luar, orang-orang yang disentuh oleh misteri Tuhan.”


Dalam sambutannya, uskup itu menceritakan bahwa, ketika dia masih kanak-kanaknya, dia menggunakan hadiah ulang tahun sebanyak lima peso yang diberikan ibunya untuk membeli “pan de sal” untuk seluruh keluarga bukan menghabiskannya untuk diri sendiri. “Saya ingat ibu saya setiap kali saya merayakan ulang tahun,” lanjut uskup itu seraya menghormati orang tuanya yang sudah meninggal.


Lebih dari 2.000 orang, termasuk klerus, suster, dan pejabat pemerintah setempat menghadiri perayaan yang dipimpin oleh Kardinal Luis Antonio Tagle dari Manila. Puluhan uskup lain juga menyemarakkan acara itu termasuk Kardinal Orlando Quevedo dari Cotabato dan Uskup Agung Romulo Valles yang menjabat ketua Konferensi Waligereja Filipina.


Paus Fransiskus mengangkat Mgr Dael sebagai Uskup Tandag tanggal 26 Februari 2018, menggantikan Uskup Emeritus Mgr Nereo Odchimar yang melayani keuskupan itu selama 17 tahun. Sebelum diangkat sebagai uskup, Mgr Dael bertugas sebagai Vikaris untuk Klerus dari Keuskupan Agung Cagayan de Oro.


Tanggal 14 Juni, Mgr Dael akan secara resmi menjadi uskup ketiga Keuskupan Tandag di Surigao del Sur, yang terletak sekitar 300 kilometer sebelah timur Cagayan de Oro.(pcp berdasarkan CBCPNews)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: