Tanjung Selor4


“Kita semua dengan gembira menyambut Bapak Uskup Paulinus Yan Olla MSF sebagai Pemimpin Keuskupan Tanjung Selor,” demikian pengumuman Uskup Agung Samarinda Mgr Yustinus Harjosusanto MSF di Lapangan Agatis, Tanjung Selor, Kalimantan Utara, setelah menahbiskan penggantinya, 5 Mei 2018.


Pengumuman itu disambut tepuk tangan para uskup, imam, suster, bruder, dan umat di lapangan itu. Mgr Harjo yang merupakan uskup penahbis juga bertepuk tangan sambil berdiri di samping Mgr Yan Olla yang lengkap dengan mitra dan tongkat uskup.


Uskup Paulinus Yan Olla MSF menduduki tahtanya dan sambil berdiri di depan  tahtanya menerima salam damai dari semua uskup konselebran termasuk Duta Vatikan untuk Indonesia Uskup Agung Piero Pioppo. Misa pun dilanjutkan. Dalam ritus penutup, Uskup Paulinus Yan Olla MSF memberkati umat di seputar lapangan itu dengan menaiki sebuah mobil jeep merah terbuka.


Tahbisan itu diawali dengan Vesper atau Salve Agung di Katedral Santa Maria Assumpta, Tanjung Selor, Jumat 4 Mei 2018. Dalam Salve yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal KWI Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC itu, uskup yang baru itu mengungkapkan pengakuan iman dan janji setianya.  Dalam Salve itu juga diberkati Insignia Uskup yakni tanda-tanda yang akan dikenakan uskup baru itu: mitra, cincin, tongkat pastoral dan salib, serta beberapa perlengkapan kegiatan liturgis uskup.  Tanggal 6 Mei 2018 dirayakan Misa Episkopal di katedral.(pcp berdasarkan Komsos KWI)


 


Tanjung Selor

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.