Umat Katolik KAJ dan Usulan E-Budget DKI Jakarta

0
33

KALAU melihat judul paparan  ini, mungkin ada yang bertanya apa urusannya: Usulan Budget DKI 2017 dengan Komsos dan umat Katolik KAJ?

100% katolik, 100% Indonesia

Umat KAJ yang juga warga DKI merupakan bagian yang tidak terpisahkan, kita 100% Katolik sekaligus 100% warga DKI. Salah satu sasaran Ardas KAJ 2016 adalah meningkatkan partisipasi umat KAJ dalam hidup bermasyarakat.  Jadinya kita tidak cukup hanya misa, devosi, novena, pendalaman kitab suci, rosario tapi harus diwujudkan dalam kehidupan sehari hari termasuk ditengah masyarat tempat tinggal kita.

Selain sebagai komsos paroki saya juga sebagai pengurus RW. Beberapa hari lalu di balai warga RW kami berlangsung acara pertemuan 21 RT di wilayah RW kami.  Agenda pertemuannya selain perkenalan dengan lurah kami yang baru 2 bulan; sekaligus disosialisasikan tentang Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2017 yang muaranya nanti adalah rencana pembangunan DKI 2017 dalam E-Budget DKI 2017.

E-Budget DKI Jakarta 

Salah satu hulu dari E-Budget DKI 2017 adalah usulan dari RT.  Setiap RT bisa mengusulkan mana saja diwilayahnya (sarana umum/sosial) yang perlu di ganti/ditambah/diperbaiki. Misalnya saluran air, lampu jalan, soal sampah dll.  Selain sarana umum juga ada kesempatan pelatihan wagi warga yg masih nganggur dan perlu ketrampilan,

Ada sekitar 92 item yg dapat digunakan sebagai panduan, termasuk juga diberikan peluang untuk mengusulkan hal lain diluar 92 item diatas. Jadinya proses yang menggunakan online langsung ke DKI ini dimulai dari usulan RT kemudian diinput oleh 1 orang pengurus RW yg sudah mendapat otoritas input, langsung ke DKI

Nantinya usulan RT akan dikaji/verifikasi oleh tim teknis DKI.

Karena umat katolik KAJ merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari warga DKI maka umat KAJ mempunyai kewajiban membuat lingkungan tempat tinggalnya menjadi lebih baik, dan kesempatan partisipasi sudah disediakan melalui RT.  Oleh karena itu silakan usulan terseut di komunikasikan dengan RT setempat.

Karena waktu yang terbatas, maka lebih cepat ya makin lebih baik.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bersama jajaran anggota Forum Kerukunan Umat Beragama dalam rangkaian kegiatan memantau pelaksanaan Ibadah Malam Natal 2015 di Gereja Kathedral, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Kamis (24/12). Suasana ibadah Malam Natal kali ini mendapatkan pengamanan yang ketat. Hal ini untuk mengantisipasi segala tindak kriminalitas, terutama terkait isu serangan teroris. Kompas/Adrian Fajriansyah (DRI) 24-12-2015Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bersama jajaran anggota Forum Kerukunan Umat Beragama dalam rangkaian kegiatan memantau pelaksanaan Ibadah Malam Natal 2015 di Gereja Kathedral, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Kamis (24/12). Courtesy of Kompas/Adrian Fajriansyah.

Melalui paparan singkat ini, saya mohon bantuannya untuk menginformasikannya ke pastor/dewan paroki. Selanjutnya, ya  terserah mereka apakah hal ini dianggap penting dan akan diteruskan ke umatnya atau tidak itu cerita lain.

Anda pun juga berkewajiban membangun dunia melalui sekitar tempat tinggal Anda. Yang pasti,  Ardas KAJ 2016 mengajak umat berpartisipasi dalam masyarakat.

Semoga nantinya umat katolik KAJ tidak hanya akbrab dengan pastor/umat parokinya saja tapi juga akrab dengan Ketua RT atau tetangganya.

Harapan dunia adalah harapan Gereja, Kesedihan dunia adalah kesedihan Gereja, Kegembiraan dunia adalah kegembiraan Gereja,

Berkah dalem,

Dodo

GEMA Paroki Kristus Raja – Pejompongan

www.kristusraja.com

Loading...

Tulis gagasan

Please enter your comment!
Please enter your name here