Umat Katolik ditantang melakukan Jalan Salib ekstrim di saat Prapaskah

Jalan Salib Eksrim1

Jalan Salib ekstrim di masa Prapaskah, yang sudah dimulai satu dekade lalu di Polandia oleh seorang pastor muda kini sudah diikuti oleh puluhan ribu orang, bahkan prakarsa itu sudah mendapatkan surat dukungan dari Sekretaris Negara Vatikan Kardinal Pietro Parolin.

Dalam Jalan Salib, yang merupakan ziarah, latihan fisik dan rohani, serta tantangan pribadi itu, peserta akan berjalan sepanjang 40 kilometer termasuk malam hari dengan berdoa dan bermeditasi di empat belas perhentian (stasi) penderitaan dan penyaliban Yesus.

Puluhan ribu peziarah di puluhan negara, dari Islandia hingga Antartika, telah mengambil tantangan itu setiap tahun, sejak gagasan itu disusun oleh Pastor Jacek Stryczek, orang Polandia yang pernah menjadi pastor kampus dan yang terkenal karena merintis bentuk-bentuk penginjilan.

Dimulai dengan Misa malam, para peziarah berjanji untuk berjalan dalam keheningan, sendirian atau dalam kelompok-kelompok kecil, dengan melintasi banyak medan yang menantang, menuju tempat ziarah atau tujuan religius lain. Dengan hanya membawa yang dibutuhkan dalam perjalanan, mereka merencanakan rute perjalanan mengitari Jalan Salib, dengan berhenti untuk berdoa dan mendengarkan renungan disediakan dalam sebuah situs web dengan aneka bahasa multilingual website.

Prakarsa itu telah terbukti sangat sukses di Polandia. Di negara itu, orang muda memandangnya sebagai ungkapan perlawanan terhadap budaya konsumen yang merajalela. Situs Polandia itu memberikan lebih dari 600 rute untuk dipilih, beberapa di antaranya tercatat lebih dari 130 kilometer atau 83 mil.

Dalam tulisan Philippa Hitchen, yang muncul di Vatican News 23 Maret 2018, ditulis, “Daripada berpantang cokelat atau kopi atau Facebook dalam masa Prapaskah (atau Pekan Suci ini), mengapa tidak mempertimbangkan untuk melakukan perjalanan seperti itu, memberikan kesempatan untuk memperdalam atau menemukan hubungan baru dengan Tuhan, khususnya di saat menjelang perayaan Paskah yang agung? (paul c pati berdasarkan Vatican News)

Jalan Salib Eksrim2Jalan Salib ektrim

Salin dalam perarakan Jumat Agung di Colosseum

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: