Tubuh, Tato, Stigmata

Padre-Pio-Stigmata ok“Selanjutnya janganlah ada orang yang menyusahkan aku, karena pada tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus. Kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus menyertai roh kamu, saudara-saudara! Amin” . (Gal 6, 17-18) PADA tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus. Banyak orang sering mempunyai tanda yang khas di dalam dirinya. Salah satu tanda yang ada dalam diri seseorang adalah sesuatu […]

Padre-Pio-Stigmata ok

“Selanjutnya janganlah ada orang yang menyusahkan aku, karena pada tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus. Kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus menyertai roh kamu, saudara-saudara! Amin” . (Gal 6, 17-18)

PADA tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus. Banyak orang sering mempunyai tanda yang khas di dalam dirinya. Salah satu tanda yang ada dalam diri seseorang adalah sesuatu yang sering disebut tahi lalat.

Tahi lalat bisa ada di mana saja di dalam tubuh seseorang. Konon kabarnya, tahi lalat tersebut  mempunyai arti tertentu yang berkaitan dengan kepribadian seseorang, keberuntungan atau hoki serta hal-hal yang harus dihindari.

Selain tahi lalat, ada juga orang yang mempunyai ‘tembong’. Tahi lalat dan tembong biasanya berwarna hitam. Tembong biasanya lebih besar dari pada tahi lalat. Konon, tembong juga bisa menjadi tanda yang berkaitan dengan potensi atau bakat seseorang.

Tembong di kaki, katanya, menjadi tanda bahwa yang bersangkutan pandai bermain bola. Tahi lalat dan tembong nampaknya merupakan tanda asli dalam diri seseorang sejak dilahirkan.

Saat ini, banyak orang juga sering membuat tanda dalam tubuh mereka, yakni dengan gambar-gambar tertentu. Hal ini sering disebut dengan istilah tato. Laki-laki dan perempuan banyak yang membikin tato pada bagian tubuhnya.

Perempuan membuat tato yang bergambar bunga, kupu, daun atau gambar lain yang cocok dengan bagian tubuhnya. Laki-laki membuat tato dengan gambar naga, rajawali atau gambar serem lainnya. Tanda tersebut bisa dibuat permanen atau jangka waktu tertentu.

Tanda-tanda lain sering dipergunakan juga dengan maksud dan arti tertentu, seperti rambut kepang satu tanda masih single, jari dengan cincin tanda sudah punya pasangan, dan tanda lainnya. St. Paulus pun merasa bahwa dalam tubuhnya ada tanda-tanda tertentu bahwa dirinya merupakan milik Yesus, sekalipun dia tidak menunjukkan tanda-tanda tersebut dengan jelas. St. Fransiskus Asisi, yang diperingati pada hari ini, juga mendapatkan tanda, yang sering disebut stigmata.

Fransiskus mendapatkan luka-luka di tubuhnya, seperti luka-luka yang dialami oleh Yesus.

Luka yang menandakan penderitaan berat. St. Paulus pun rupanya juga tidak lepas dari berbagai macam penderitaan selama hidupnya. Mereka ini memang milik Yesus; mereka disatukan dengan Yesus dalam penderitaan dan juga disatukan di dalam kebangkitan dan kemuliaan. Tanda-tanda apa yang ada di
dalam diriku?

Adakah tanda-tanda bahwa diriku juga milik Yesus? Teman-teman selamat pagi dan selamat berakhir pekan. Berkah Dalem.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply