Trendi dan Ngetren

fashion“Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera.” (Ef 6, 14-15) SEBUAH  iklan minyak wangi mengatakan bahwa kesan pertama menggoda, selanjutnya terserah anda. Seseorang bisa terkesan dengan sebuah penampilan, entah penampilan seorang pribadi maupun penampilan yang lain. Banyak orang memperhatikan sungguh-sungguh penampilan dirinya, sehingga seseorang tidak sembarangan […]

fashion

“Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera.” (Ef 6, 14-15)

SEBUAH  iklan minyak wangi mengatakan bahwa kesan pertama menggoda, selanjutnya terserah anda. Seseorang bisa terkesan dengan sebuah penampilan, entah penampilan seorang pribadi maupun penampilan yang lain. Banyak orang memperhatikan sungguh-sungguh penampilan dirinya, sehingga seseorang tidak sembarangan atau asal-asalan dalam memilih dan menggunakan pakaian, sepatu atau ikat pinggang.

Banyak orang memilih pakaian berdasar trend-nya: trend baju agamis, pakaian Korea, Hawaian, dan sebagainya. Orang memilih dan memakai baju berdasarkan acara atau peristiwa yang akan dihadiri. Dalam hal alas kaki atau sepatu, banyak orang juga punya minat berbeda. Ada yang gemar sepatu sneakers, ada pula yang gemar sepatu cowboy boot atau jenis lain. Bahkan kepribadian seseorang sering dilihat berdasarkan pilihan sepatunya.

Penampilan seseorang begitu penting, sehingga St. Paulus pun ikut bicara dalam hal ini. Paulus memberikan pengajaran bagi para murid, bagaimana memilih dan memakai pakaian yang tepat. Dalam hal ikat pinggang, Paulus tidak mengajarkan untuk memilih ikat pinggang kulit atau plastik; tetapi ikat pinggang kebenaran.

Pakaian yang harus dipakai bukanlah yang bercorak batik, Korea atau Hawaian; tetapi berpakaian keadilan. Sepatu atau kasut yang harus dipakai bukan Nike, Adidas atau merk terkenal lain; tetapi berkasut kerelaan memberitakan Injil.

Tiga hal inilah yang harus dipilih dan dipakai oleh para murid di dalam hidup mereka, yakni: kebenaran, keadilan dan kerelaan untuk memberitakan Injil. Tiga hal ini harus dipakai oleh para murid agar tetap berdiri tegak berhadapan dengan berbagai muslihat dan kejahatan. Pakaian inilah yang harus dikenakan para murid dimana pun mereka berada dan berkarya. Pakaian yang selalu relevan dan aktual sepanjang hidup. Pakaian yang selalu ngetren setiap zaman.

Teman-teman selamat pagi dan selamat berkarya. Berkah Dalem.

Kredit foto: Pergelaran busana di Jakarta 2014. (Mathias Hariyadi)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply