Monday, 22 December 2014

Tokoh-Tokoh Nyata

Ayat bacaan: 1 Kor 10:11
====================
“Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba.”

alkitab itu nyata
Ada satu “hobi” saya yang terhitung “kurang kerjaan”, yaitu melihat gaya para penonton di bioskop setelah habis nonton. Saya melihat bahwa banyak diantara para penonton itu terbawa gaya dari tokoh yang ditontonnya. Ketika menonton film action, Rambo misalnya, para cowok berjalan dengan gagah berani dan dada dibusungkan. Ketika menonton film drama percintaan, mereka terlihat senyum dengan muka penuh cinta. Hal ini tidak aneh, karena perasaan mereka masih terbawa oleh film yang baru saja selesai mereka tonton. Ada banyak juga orang yang terlalu mengidolai tokoh-tokoh film tertentu, sehingga bukan saja gaya jalan, tapi cara bicara, cara dandan, potongan rambut dan tingkah laku pun bisa mirip. Tokoh-tokoh yang banyak diataranya adalah fiksi alias rekaan, ternyata bisa tampil secara nyata dalam kehidupan orang. Secara umum mungkin anak-anak akan lebih terpengaruh pada figur yang mereka tonton, tapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun bisa sangat terpengaruh pada figur-figur tersebut.

Alkitab yang sangat tebal yang kita miliki berisi ratusan tokoh dan kisah dengan perjalanannya masing-masing. Apakah kisah dan tokoh itu cuma rekayasa dari penulisnya? Tidak. Semua itu nyata dan benar-benar terjadi. Apa yang mereka alami, apa konsekuensi dari dosa mereka, bagaimana Tuhan menyatakan kemuliaanNya, semua itu adalah kenyataan yang pernah terjadi di masa lalu. Segala pengalaman dari tokoh nyata itu dituliskan untuk menjadi pedoman bagi kita untuk menapak hidup ke depan. Bukan hanya segala hal yang baik, tapi kita pun bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan bangsa Israel ataupun tokoh-tokoh di alkitab, agar kita tidak berbuat dosa yang sama. Kita bisa melihat bagaimana seseorang diubahkan, orang biasa dipakai Tuhan secara luar biasa, dan itu bisa menjadi dasar berpijak kita untuk hidup lebih baik lagi.

Kita lihat bagaimana Paulus dan teman-teman mengalami penderitaan jasmani dalam pelayanannya, tapi tetap teguh dan taat, karena ada Roh Allah bekerja didalam diri mereka. Kita bisa meneladani Yesus Kristus yang tanpa cela, lengkap dengan semua pesan-pesan Yesus agar kita lepas dari siksa kekal dan masuk pada hidup yang kekal yang penuh damai tanpa ratap tangis lagi. Intinya, seperti juga apa yang saya bisa simpulkan selama saya menulis renungan harian ini, alkitab memuat segala hal yang dapat dijadikan pedoman untuk hidup benar, mencakup segala hal yang kita alami sehari-hari lengkap dengan bagaimana cara menyikapi masing-masing persoalan. Dari hal besar sampai hal sepele sekalipun,semuanya punya solusi komplit dalam alkitab. Hebatnya, tidak ada yang ketinggalan jaman dan semuanya masih sangat-sangat aplikatif untuk menyikapi permasalahan hidup kita saat ini.

Para tokoh yang benar-benar ada pada jaman masing-masing mengalami hal-hal yang sama seperti yang kita rasakan. Mereka merasakan kesedihan, penderitaan, ketakutan dan lain-lain. Mereka semua telah mengalaminya, dan kita bisa membaca konsekuensi dari masing-masing tindakan, baik yang positif maupun negatif, dan puji Tuhan, semua itu bisa kita jadikan pedoman agar kita tidak salah langkah. Baca dan renungkanlah alkitab dengan tekun, sehingga kita bisa mendapat keteladanan dari pengalaman masing-masing tokoh. Alkitab telah menyediakan segalanya dengan lengkap.

Mari bercermin pada alkitab beserta isinya sebagai petunjuk hidup ke depan

0saves


If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader.

Related Posts to "Tokoh-Tokoh Nyata"

Response on "Tokoh-Tokoh Nyata"