Tiga Tahun Sakit, Alm. Pastor Ronny R. Rotinsulu tak Mau Repotkan Orang

P6138213 romo ronny9ALMARHUM Pastor Ronny Raditya Rotinsulu Pr meninggal dunia dalam usia sangat muda: 33 tahun. Baru empat tahun menjadi imam, romo muda ini meninggal dunia karena sakit beberapa lamanya. Ia meninggal dunia di RS Budi Mulia di Bitung, sebelah utara Manado. RS ini dikelola oleh para suster Kongregasi JMJ. Alm. Pastor Ronny R. Rotinsulu menghembus nafasnya […]

P6138213 romo ronny9

ALMARHUM Pastor Ronny Raditya Rotinsulu Pr meninggal dunia dalam usia sangat muda: 33 tahun. Baru empat tahun menjadi imam, romo muda ini meninggal dunia karena sakit beberapa lamanya. Ia meninggal dunia di RS Budi Mulia di Bitung, sebelah utara Manado. RS ini dikelola oleh para suster Kongregasi JMJ.

Alm. Pastor Ronny R. Rotinsulu menghembus nafasnya yang terakhir pada hari Minggu tanggal 7 Desember lalu pukul 18.30 waktu Manado. Malam hari, jenazahnya dibawa ke Seminari Menengah Fransiskus Xaverius, Kakaskasen Tomohon. Inilah tempat terakhir almarhum berkarya: sebagai pembimbing di seminari menengah.

Selasa tanggal 9 Desember kemarin, almarhum Pastor Ronny sudah dimakamkan di pemakaman para imam dan dan religius di belakang Seminari Menengah Kakaskasen. Sebelum pemakaman, berlangsunglah misa requiem bersama Bapak Uskup Keuskupan Manado Mgr. Yos Suwatan MSC. (Baca juga:  In Memoriam Pastor Ronny R. Rotinsulu dalam Album Foto)

Tabah dalam derita

Dalam homilinya, Mgr. Yos Suwatan masih menyimpan seluruh percakapannya via SMS dengan alm. Pastor Ronny sejak masih dirawat di rumah sakit untuk pertama kali sampai beberapa hari sebelum meninggal.

Bapak Uskup membacakan beberapa cuplikan SMS yang menggambarkan betapa alm. Pastor Ronny bersikap sungguh tabah dalam pergumulannya menghadapi sakit yang dia alami sejak tiga tahun terakhir ini. Ini berarti, baru setahun ditahbiskan, alm. Pastor Ronny sudah mengalami penderitaan dalam bentuk sakit. (Baca juga: RIP Pastor Ronny Raditya Rotinsulu Pr dari Keuskupan Manado)

P6128057 romo ronny 5

Almarhum Pastor Ronny Raditya Rotinsulu semasa masih bugar.

Kira-kira 70-an imam menghadiri misa requiem yang amat menyentuh ini. Banyak umat juga berpartisipasi menemani kepergian Pastor Ronny ini menuju ke Rumah Bapa.

Usai misa requiem bersama Bapak Uskup Manado, acara prosesi pemakaman dipimpin oleh Romo Robert Mawuntu Pr, teman sekelas almarhum dan kolega kerja di Seminari Kakaskasen.

Secara pribadi. Romo Ronny sungguh memberi teladan kesaksian iman yang luar biasa. Ia berusaha untuk tidak menyusahkan orang lain selama sakit. Almarhum selalu membagikan pengalaman imannya kepada orang lain. Terima kasih.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply