< ![endif]-->

YESUS adalah sosok pribadi yang menarik bagi banyak orang. Maka tidak mengherankan kalau Yesusselalu dikelilingi banyak orang.

Mengapa? Karena Yesus penuh wibawa, ajaran-Nya amat menarik dan Dia selalu berbuat baik. Memang Yesus datang ke dunia ini untuk mewujudkan kehadiran Kerajaan Allah. Kalau Dia menyembuhkan orang sakit, bukan pertama-tama untuk kesembuhan jasmaninya;  tetapi Yesus mau membawa orang-orang kepada iman kepercayaan bahwa Kerajaan Allah sudah hadir dalam Diri-Nya.

Demikian pula kisah pengusiran setan atau roh jahat yang dibuat Yesus.Bukan semata-mata untuk menunjukkan kuasa dan kehebatanNya; melainkan Dia mau menunjukkan bahwa Kerajaan setan sudah hancur dan Kerajaan Allah   hadir. Untuk itu Yesus  menuntut agar orang percaya kepadaNya.

Sebetulnya apa yang mau dikatakan  Yesus dengan kata-kata ini?

“Hai kamu angkatan yang kurang percaya.” Yesus bukan menegur orang yang membawa anaknya yang kerasukan setan, tetapi ditujukan kepada orang-orang yang mengelilingi-Nya dan  murid-muridNya.

Mengapa? Karena kenyataan pahit yang dialami Yesus sepanjang hidup-Nya. Orang-orang yang mengelilingi-Nya  selalu salah tangkap. Mereka terus menerus memandang Yesus dari sudut yang kelihatan dan dari apa yang dirasakan saja. Mereka tidak mampu melihat Yesus dari segi Ilahi.

Memang, Yesus selalu tergerak oleh belas  kasihan untuk menolong dan menyembuhkan orang yang menderita. MaksudYesus yaitu untuk  menunjukkan bahwa penyembuhan adalah pemulihan hidup. Hidup manusia dijadikan baru. Segi llahilah yang ditunjukkan Yesus waktu Yesus mengusir roh jahat. Yesus menuntut iman pada orang tua anak yang kerasukan setan.

Semula ayah anak itu meminta kepada Yesus: “Jika Engkau dapat berbuat sesuatu, tolonglah kami dan kasihanilah kami.” Maka Yesus langsung menjawab:” Katamu: jika Aku dapat? Tiada yang mustahil bagi orang yang percaya.”

Setelah ayah anak itu menyatakan iman kepercayaannya, maka Yesus berseru: “Hai kau roh yang membuat orang bisu dan tuli, Aku memerintahkan: Keluarlah dari anak ini dan jangan memasukinya lagi”. Seketika itu juga terjadilah kejadian yang menegangkan.Akhirnya anak itu sembuh.

Ketika para murid lapor: Mengapa kami tidak dapat mengusir roh jahat itu? “ Yesus menjawab bahwa untuk dapat mengusir kekuatan roh jahat orang harus berdoa.

Maka asalkan kita percaya, kita pun dapat menolong orang yang sakit karena narkoba, sakit HIV atau sakit lainnya, asalkan kita mau mendoakan. (pcp)

Photo credit: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

5 pencarian oleh pembaca:

  1. khotbah untuk pembacaan markus 9:14-28
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.