“The Expendables 3”, Niatnya Satu yakni Balas Dendam

The Expendable 3 2014 copy

KALAU ditanya, anasir apa yang bisa membakar nafsu jahat manusia ketika bertemu sesamanya? Maka, barangkali jawabannya ini: dendam.

Barney Ross (Sylvester Stallone) kebrongot hatinya, ketika tanpa sengaja bertemu dengan Conrad Stonebanks (Mel Gibson), kawan karibnya dulu sekaligus kini musuh lamanya yang selama ini menghantui kelompoknya: The Expendables.

Perjumpaan tak sengaja ini terjadi di Pelabuhan Mogadishu, Somalia, ketika kelompok tentara bayaran ini diperintah oleh perwira lapangan CIA Max Drummer (Harrison Ford) untuk bisa menangkap penjahat perang yang tak lain adalah Stonebanks.

Hale Caesar (Terry Crews), salah satu anggota kelompok The Expendables, luka parah kena tembakan Stonebanks. Karena itu, Ross berniat balas dendam. Hanya saja, anggota-anggota lamanya justru tidak mau diajaknya karena dianggapnya sudah sepuh. Maka dari itu, bersama Bonaparte (Kelsey Grammer) –salah seorang kawan—Ross mulai berburu anggota baru.

Satu per satu dia dapatkan dari proses rekrutmen ini. Salah satu yang menonjol tentu saja Galgo (Antonio Banderas), sedikit gila, banyak omong namun ternyata jago kepruk.

Nyaris di sepanjang film yang kurang menggugah perasaan ini, hanya tingkah laku Galgo sajalah yang membuat penonton bisa terpingkal-pingkal. Selebihnya, ya baku hantam dan baku tembak.

Wajah-wajah tua dan letih
Menyaksikan sekuel The Expendables 3 ini, saya punya kesan kuat bahwa para anggota jago kepruk yang diam-diam suka terima orderan dari CIA untuk melakukan black-ops ini sudah pada sepuh semua. Wajah-wajah mereka menujukkan ketuaan yang memprihatinkan.

Lihat saja Barney Ross yang sepanjang film ini kesannya capai dan lelah psikis. Demikian pula Trench Mauser (Arnold Schwarzenegger), Gunnar Jensen (Dolp hLundgreen) dan Max Drummer, sang perwira CIA.

expendables 3

Yang tua dan muda: Kelompok tentara bayaran The Expendables 3 beranggotakan mantan tentara senior dan anggota baru yang masih bau kencur. (Ist)

Semuanya sampun sepuh dan letih.

Kalau ada yang masih menyisakan sinar cerah setidaknya Lee Christmas (Jason Statham), Doctor Death (Wesley Snipes), Galgo dan Jet Li.

Meski demikian, mereka yang memang suka kepruk-keprukan dengan tidak mementingkan bobot cerita, maka The Expendables 3 bolehlah ditonton.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: