“The Age of Adaline”, Tak Ada yang Abadi

Blake-Lively-Hairstyles-Age-Adaline-Movie

MUNGKIN Adaline Bowman (Blake Lively) merupakan personifikasi jutaan wanita di dunia yang ingin selalu terlihat muda, cantik, jauh dari kerutan kulit dan selalu jadi pujaan pria. Bagaimana tidak ketika banyak perusahaan kosmetik di zaman ini menawarkan perawatan kecantikan untuk memberikan mukjizat bagi para wanita yang menhindari ketuaan, Adaline sama sekali tidak memerlukan itu semua. Ia tetap wanita cantik mempesona dengan tetap berumur 29 tahun selama 8 dekade. Konon umur 30 tahun adalah batas akhir bagi wanita untuk mengalami masa kejayaan kecantikannya. Adaline memiliki itu.

Terjebak dalam asmara
Sayangnya apa yang dialami Adaline hanya terjadi dalam film baru produksi Lionsgate: The Age of Adaline. Kisah Adaline bukan kenyataan.

Diceritakan bahwa Adaline lahir pada tahun 1908. Ia dinikahi oleh seorang insinyur tampan yang terlibat dalam pembangunan jembatan Brooklyn di New York. Pernikahan itu berlangsung sebentar karena sang suami kemudian mengalami kecelakaan dan meninggal.

Dalam keadaan tiada menentu ia memutuskan untuk kembali ke rumah orang tuanya. Sayangnya dalam perjalanan kembali di malam hari yang ditaburi dengan salju, ia mengalami kecelakaan dan tercebur ke sungai. Peristiwa itulah yang merupakan keajaiban baginya. Ia mengalami peristiwa yang dalam film itu dijelaskan secara ilmiah bahwa ini ada kaitannya dengan gejala jatuhnya meteor dan benda antariksa.

Efek nyatanya ialah Adaline hidup dan tak menua.

Walau ini mengagumkan tetapi kenyataan ini meninggalkan persoalan buat Adaline. Ia mesti menyembunyikan misteri itu dari orang banyak. Adaline lari dari satu kota ke kota yang lain, dari identitas yang satu ke identitas yang lain. Hanya putri semata wayang yang mengetahuinya. Flemming (Ellen Burstyn), anak dari Adaline, hadir menjaga rahasia tersebut.

Hingga suatu saat, pada malam Tahun Baru, ia berjumpa dengan Ellis Jones (Michiel Huisman) dan masuk dalam hubungan asmara. Mulanya Adaline menghindari hubungan romantis ini dengan mengingat apa yang telah ia perbuat kepada kekasih sebelumnya. Ia meninggalkan sang kekasih demi menjaga identitasnya. Namun ketika Flemming mengetahui ibunya masuk dalam drama asmara, ia meminta agar ibunya tetap melanjutkan hubungan itu demi Flemming.

Adaline pun masuk dalam hubungan yang semakin rumit. Karena ternyata ayah Ellis yakni William Jones (Harrison Ford) adalah pacar lama yang telah ditinggalkan oleh Adaline sebelum ia dilamar. Adaline dan William masuk dalam penyembuhan relasi dan penerimaan masa lalu. Sampai akhirnya William memohon agar Adaline jangan meninggalkan Ellis seperti yang terjadim pada dirinya di masa yang silam dan seterusnya.

adaline
Kecantikan tidak luntur dimakan usia.

Stop bermimpi
Kembali kepada Adaline, hidupnya kembali normal berkat kecelakaan yang dialaminya ketika berusaha lari dari Ellis. Ia hidup dan mengalami proses penuaan. Setelah puluhan tahun bersembunyi dari kejaran pertanyaan dan otentisitas dirinya, wanita ini akhirnya terbebas dari “keabadian yang menyiksa.” Kini ia bisa menjalani hidupnya dengan normal. Bersama Ellis, mereka berdua bertambah tua.

Rupanya film ini hendak mengaris bawahi kalau menjadi tua bersama dengan orang yang dicintai itu pun indah. Orang-orang diajak untuk realistis dan stop bermimpi untuk selalu muda. Hukum alam terus berjalan kendati manusia berusaha mengubah atau bahkan menolaknya dengan segala dasar-dasar logika apapun.

Sebagai contoh, menilik apa yang terjadi di Amerika, negara adikuasa ini mengesahkan pernikahan sejenis dengan alasan kesetaraan dan kebahagiaan. Di mata banyak orang Amerika mungkin itu masuk akal tetapi di hadapan hukum alam atau kodrat, semua itu akan bernasib seperti Adaline.

Maka, kebijaksanaan lama tetap bertuah seperti halnya semua tanaman bertumbuh mencari sinar, demikian pula manusia, akan senantiasa bertumbuh, berkembang seturut hukumnya, bertambah umur dan kemudian meninggal. Terus jiwanya mencari terang sejati.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: