Terus-menerus Belajar dari Kehidupan

kristen stewartAPA yang akan Anda lakukan, ketika Anda berhadapan dengan sesuatu yang baru sama sekali bagi Anda? Anda meninggalkannya? Atau Anda ingin mempelajarinya dengan penuh kesungguhan? Aktris Kristen Stewart (23) telah menjalani pelatihan militer dengan Angkatan Laut Amerika Serikat untuk mendukung aktingnya di film terbaru, Camp X-Ray. Dia pun menginginkan bisa lebih menghayati perannya sebagai tentara […]

kristen stewart

APA yang akan Anda lakukan, ketika Anda berhadapan dengan sesuatu yang baru sama sekali bagi Anda? Anda meninggalkannya? Atau Anda ingin mempelajarinya dengan penuh kesungguhan?

Aktris Kristen Stewart (23) telah menjalani pelatihan militer dengan Angkatan Laut Amerika Serikat untuk mendukung aktingnya di film terbaru, Camp X-Ray. Dia pun menginginkan bisa lebih menghayati perannya sebagai tentara muda. Dia ingin terlihat seasli mungkin sebagai tentara.

Pertengahan tahun 2013 sempat beredar foto-foto Stewart yang mengenakan baju tentara sedang berlatih militer. Dalam film drama tersebut, Stewart berperan sebagai Amy Cole, seorang tentara yang bertugas di Guantanamo Bay dan berteman dengan seorang narapidana.

Bintang film Twilight ini berkata, “Saya menghabiskan beberapa waktu dengan para tentara Angkatan Laut. Saat itu, saya benar-benar merasa menjadi tentara. Keren sekali! Mereka sangat baik.”

Film Camp X-Ray yang disutradarai Peter Sattler tersebut pertama kali diluncurkan di ajang Sundance Film Festival 2014 di Utah, Amerika Serikat.

Peraih penghargaan British Academy Film Awards 2010 ini berkata, “Kami ingin membuat film itu sebaik mungkin dan terlihat asli. Kalau akting saya tidak mirip dengan tentara, saya pasti kecewa dan membenci film itu. Kami berusaha supaya semua adegan berjalan seperti kehidupan nyata.”

Sahabat, lain padang lain belalang. Begitulah pepatah kuno yang tetap laris manis di zaman modern ini. Artinya, orang mesti berani belajar sesuatu yang baru ketika dia mulai hidup di tempat yang baru. Orang mesti berani menyesuaikan diri dengan dunia yang baru. Dengan demikian, orang akan meraih kesuksesan dalam hidup ini.

Apa yang dilakukan oleh aktris Kristen Stewart merupakan suatu tindakan bijaksana. Belajar sesuatu yang baru menjadi kewajibannya sebagai seorang bintang film. Ia rela berlelah-lelah bersama para tentara Angkatan Laut. Hal itu menjadi suatu pelajaran yang sangat berharga. Tentu bukan hanya untuk syuting film yang dibintanginya. Tetapi juga untuk hidupnya selanjutnya. Mengapa? Karena pengalaman itu melekat pada dirinya. Pengalaman itu guru yang sangat berguna bagi kehidupan.

Banyak orang berusaha menghindari belajar sesuatu yang baru. Mereka merasa bahwa belajar sesuatu yang baru itu membuat mereka capek. Apa-apa sedikit harus belajar. Akibatnya, mereka merasa malas untuk belajar. Padahal belajar sesuatu yang baru itu menyenangkan. Ada pengetahuan dan ketrampilan baru yang diperoleh. Hasilnya, orang memperkaya dirinya dengan sesuatu yang baru itu.

Setiap hari Tuhan memberi kita pengalaman-pengalaman baru. Namun manusia sering kurang menyadarinya. Manusia merasa bahwa hari ini sama saja dengan hari kemarin dan besok. Padahal selalu ada yang baru dalam kehidupan ini. Tuhan ingin agar kita mempelajari sesuatu yang baru itu. Tuhan ingin agar kita memperkaya diri dengan sesuatu yang baru itu.

Orang beriman mesti berani dan berusaha untuk senantiasa belajar ketika hendak melakukan sesuatu yang baru. Pepatah mengatakan, ‘Di mana bumi dipijak, di situ langit dijinjing’. Artinya, orang mesti berani belajar sesuatu yang baru, ketika hendak memulai sesuatu yang baru. Mari kita menanamkan semangat untuk terus-menerus belajar dari kehidupan. Dengan demikian, hidup ini menjadi semakin bermakna. Tuhan memberkati. **

 

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply