Tentang Berpuasa dan Berpesta

puasa atau pesta by bibleJumat, 5 Sepetmber 2014. Jumat Pertama 1Korintus 4:1-5; Mazmur 37:3-6; 27-28; 39-40; Lukas 5:33-39. “Tetapi akan datang waktunya, apabila mempelai itu diambil dari mereka, pada waktu itulah mereka akan berpuasa.” (Lukas 5:35) MANAKAH  yang harus diutamakan? Berpuasa atau berpesta? Semua agama dan budaya punya tradisi puasa dan pesta bersama dengan doa dan syukur. Injil hari […]

puasa atau pesta by bible

Jumat, 5 Sepetmber 2014. Jumat Pertama
1Korintus 4:1-5; Mazmur 37:3-6; 27-28; 39-40; Lukas 5:33-39.

“Tetapi akan datang waktunya, apabila mempelai itu diambil dari mereka, pada waktu itulah mereka akan berpuasa.” (Lukas 5:35)

MANAKAH  yang harus diutamakan? Berpuasa atau berpesta? Semua agama dan budaya punya tradisi puasa dan pesta bersama dengan doa dan syukur. Injil hari ini mewartakan Yesus yang menerangkan bahwa ada waktu untuk berpuasa ada waktu untuk berpesta.

Kapan harus dilakukan? Kapan kita berpuasa? Kapan kita berpesta? Hemat saya kita bisa melakukan itu sepanjang hidup kita sesuai dengan intensi dan maksudnya. Kiya berpuasa dan menangisi serta menyesali kelemahan dan dosa-dosa kita. Kita juga berpesta penuh syukur memuji Allah dan merayakan kasih dan pengampunan-Nya.

Menurut Yesus, sebagai murid-murid-Nya, kita dipanggil untuk berjalan bersama-Nya dan mengalami seluruh relasi yang penuh sukacita laksana sukacita sahabat-sahabat sang mempelai. Kita pun mengidungkan aleluya, puji Tuhan, syukur kepada Allah. Ada pula saatnya kita harus memikul salib penderitaan dan penyucian sebagai murid-Nya. Kita pun labtas harus berpuasa, menyanyikan Tuhan kasihanilah kami dan mohon pengampunan atas dosa-dosa kita.

Dalam puasa maupun pesta, kita memuji Tuhan, dan merayakan kebaikan-Nya serta mencari Tuhan dengan rendah hati dan rasa sedih dan sesal atas dosa kita.

Kita melakukan keduanya dengan baik dalam Adorasi Ekaristi Abadi. Dengan Adorasi Ekaristi Abadi kita percaya kepada Yesus yang menganugerahkan kepada kita kebijaksanaan untuk berpuasa dan berpesta karena cinta-Nya. Satu hal yang penting adalah bahwa Yesus menghendaki agar kita membuka hati dan pikiran kita untuk siap menerima Roh Kudus. Mari kita dengan penuh pengharapan bertumbuh dalam pengharapan dan pengertian tentang sabda Allah serta rencana-Nya dalam hidup kita.

Tuhan Yesus Kristus, penuhilah kami dengan Roh Kudus-Mu hingga kami boleh bertumbuh dalam mengalami kasih-Mu yang agung serta kebenaran-mu. Bantulah kami untuk mencari Engkau dengan penuh kesungguhan dalam doa, puasa dan pesta Perjamuan Kudus-Mu yang membersihkan kami dari kelemahan dan dosa kami.

Semoga kami kian bertekun dalam iman, harapan dan kasih serta mengalam sukacita berkat doa dan puasa kami. Semoga kami kian mampu mengasihi dan melayani Engkau dengan setia, kini dan selamanya. Amin.

Girli Kebon Dalem

SALAM TIGA JARI: Persatuan Indonesia dalam Keragaman

»̶•̵̭̌•̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•ĐǎƖєm•✽̤̥̈̊•̵̭̌•̵̭̌«̶
“abdi Dalem palawija”
Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan
Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang

Kredit foto: Bible Sharing

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply