Tanda Pengenal

kartu pengenal by Huffington Post“Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus.” (Yoh 1, 33) BEBERAPA waktu yang lalu, saya mendapatkan seorang tamu dari Roma. Beliau ingin melihat dan […]

kartu pengenal by Huffington Post

“Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus.” (Yoh 1, 33)

BEBERAPA waktu yang lalu, saya mendapatkan seorang tamu dari Roma. Beliau ingin melihat dan mengenal karya-karya Gereja di wilayah Keuskupan Purwokerto. Saya sendiri belum kenal dan belum pernah berjumpa.

Selama ini komunikasi hanya melalui email dan sms. Saat saya mau menjemput di stasiun, saya bertanya, “Bagaimana saya tahu dan mengenal romo?” Tamu saya menjawab, “Saya pakai kaos ungu dan topi hitam.”

Setiap penumpang saya amati. Ketika saya lihat orang berkaos ungu dan bertopi hitam, saya tersenyum dan bertanya, “Romo ya?” Tamu saya tersenyum dan mengiyakan. Kami berkenalan dan menuju keuskupan.

Beberapa kali saya dihadapkan pada orang asing karena suatu tugas tertentu. Banyak orang belum pernah saya kenal dan saya jumpai. Namun demikian, selalu ada cara-cara untuk menemukan dan mengenal orang asing yang ingin bekerjasama dengan kita dalam berbagai pelayanan.
Kita bisa saling memberikan tanda pengenal satu dengan yang lain, entah dengan topi, warna pakaian, dsb.

Yohanes pun semula tidak mengenal Yesus. Mereka belum pernah berjumpa satu dengan yang lain. Namun Yohanes mendapatkan tanda untuk mengenal dan menemukan Yesus, yakni Roh yang turun atas
Seseorang dan tinggal atas-Nya. Dialah Pribadi yang akan membaptis dengan Roh Kudus.

Yohanes punya cara untuk mengenal dan menemukan Yesus. Bagaimana dengan diriku? Bagaimana caranya saya bisa menemukan Dia? Tanda apa yang membantu saya?

Teman-teman selamat malam dan selamat berakhir pekan. Berkah Dalem.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply