Tahun Baru dengan Rahmat Baru yang Tiada Habisnya (1)

Ayat bacaan: Ratapan 3:22-23========================”Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!” Manusia cenderung menyukai hal-hal baru. Ketika membeli roti tawar kita tentu mempe…

Ayat bacaan: Ratapan 3:22-23
========================
“Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!” 

Manusia cenderung menyukai hal-hal baru. Ketika membeli roti tawar kita tentu memperhatikan tanggal produksi dan kadaluarsa dari roti yang dipajang. Semakin baru, roti akan semakin lembut dan enak. Demikian pula dalam membeli produk-produk lain untuk dikonsumsi. Kita senang dengan baju baru, celana baru, sepatu baru, dan buat yang sanggup, rumah baru atau mobil baru. Ada yang kerap mendekor ulang rumahnya termasuk dengan cat baru agar suasana rumah terasa lebih segar. Berbagai produk elektronik terus berinovasi menciptakan hal baru yang lebih maju dari sebelumnya. Trend terus berubah. Sesuatu yang baru mengganti yang lama, yang tentunya diharapkan bisa lebih baik dari sebelumnya.

Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2013. Bagaimana tahun 2013 bagi anda? Bagi saya ini adalah tahun luar biasa. Saya menyaksikan pemulihan begitu banyak orang dalam banyak hal. Berkat-berkat Tuhan tercurah secara luar biasa, dan saya tidak hanya berbicara mengenai uang dan sejenisnya. Ada keluarga dipulihkan, ada sakit yang secara ajaib menjadi sembuh, ada yang memperoleh rumah lebih dari apa yang mereka impikan, ada yang berdamai setelah sekian lama bertikai dan lain-lain. Tahun 2013 buat saya adalah tahun pemulihan. Mungkin ada diantara teman-teman yang merasa bahwa 2013 tidak begitu baik, atau malah buruk. Apapun yang anda rasakan sepanjang tahun ini, ketahuilah bahwa Tuhan senantiasa ada bersama anda, dan menjelang tahun baru 2014 yang akan tiba sebentar lagi, Tuhan akan terus berjalan bersama dengan anda sekeluarga dan siap memberkati anda dengan berkat-berkat yang baru.

Berkat baru. Jika manusia senang dengan slogan “fresh from the oven” atau ‘fresh from’ lain-lain, Tuhan tampaknya memakai slogan yang sama. Lihatlah apa kata ayat berikut ini: “Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!” (Ratapan 3:23). Kasih setia dan rahmatNya tidak akan pernah berhenti dicurahkan bagi kita. “His tender compassions fail not, they are new every morning, great and abundant is Your stability and faithfulness.” KasihNya yang lembut tidak pernah gagal, selalu baru setiap pagi. Ketika anda bangun di pagi hari setelah menikmati nyenyaknya tidur sepanjang malam, Tuhan langsung menyapa anda dengan sebuah berkat baru, fresh from His oven, directly from His Kingdom. Tuhan selalu ingin melimpahi anda dengan rahmat yang baru dan segar. Bukan sisa, bukan yang kadaluarsa, bukan ampas. Dia rindu untuk terus memberkati dengan segala yang terbaik yang berasal daripadaNya. Berapa banyak diantara kita yang menyadari hal ini? Apakah anda suka menyapa Tuhan dan berterimakasih setiap bangun pagi atau masih terfokus pada rutinitas sehari-hari sehingga melupakan Tuhan? Kalau hanya kesibukan sehari-hari yang kita pikirkan, bukankah kesibukan-kesibukan kita hari ini pun berasal dari berkatNya juga?

Tidak sedikit dari kita yang memulai pagi dengan langsung sibuk atau bahkan panik. Kita tidak sempat berdoa pagi, bahkan harus buru-buru meloncat dan berangkat karena aktivitas-aktivitas sudah menanti kita. Stres sudah dimulai bahkan ketika kita belum sepenuhnya sadar. Tidakkah sayang jika hal-hal ini sudah mengganggu kita sehingga tidak lagi merasakan berkat Tuhan yang baru setiap pagi, seperti apa yang sudah kita baca pada ayat di atas?  ada rahmatNya tercurah, turun disaat kita hendak memulai sebuah hari yang baru. No matter what, no matter how, He will provide it all for us with all His love. Seperti itulah indahnya hidup bersamaNya. Begitu kita bangun, ada rahmat Tuhan yang langsung menyapa kita. Jika anda lelah tadi malam, pagi ini anda segar dengan kekuatan baru, semangat baru, gairah baru dan tentu saja berkat yang baru. Bukan sisa kemarin, bukan belum sampai, tetapi sesuatu yang baru selalu Tuhan berikan kepada kita, setiap pagi. Bukankah itu terdengar luar biasa?

Jika ingin tahu, Mazmur 103 bisa anda pakai untuk mengintip segala kebaikan Tuhan yang Dia janjikan dan sediakan bagi kita. Dia menjanjikan pengampunan dosa (ay 3), kesembuhan (3),  penebusan (4), penobatan dengan mahkota kasih setia dan rahmat (4), pemenuhan kebutuhan kita dengan hal-hal yang baik sehingga kita awet muda seperti burung rajawali (ay 5).Tuhan menyediakan keadilan dan hukum bagi orang tertindas, Dia ingin memerdekakan kita (ay 6), menyatakan rencanaNya atau jalan-jalanNya (ay 7), menyatakan diriNya sebagai penyayang, pengasih, panjang sabar dan punya kasih setia berlimpah (ay 8) dan sebagainya. Baru dari satu penggalan dalam Alkitab saja kita sudah bisa melihat bagaimana kebaikan Tuhan yang Dia siapkan bagi kita. Ini baru secuil dari begitu banyak ayat yang menyatakan kebaikanNya. Semua itu Dia janjikan hadir bagi diri kita dalam keadaan baru setiap pagi.

(bersambung)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply