Sunat dan tak Sunat

0
92

yesus tentang sunat by jewish voice

“Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih.” (Gal 5, 6)

DI Yogyakarta terdapat satu tempat terkenal berkaitan dengan sunat atau supit atau khitan. Tempat tersebut adalah Bogem, di daerah Kalasan. Saya tidak tahu dengan pasti, sejak kapan tempat tersebut terkenal dengan pelayanan sunatnya.

Konon kabarnya, di tempat itulah para pengeran dari Kraton disunatkan. Selain itu, tempat ini memiliki cara sunat yang khas, yakni pelayanan cepat, tidak terasa sakit dan cepat sembuh.

Sunat ‘Bogem’ memang terkenal, sehingga nama tersebut juga bisa ditemukan di daerah lain, selain Kalasan. Saat ini, pelayanan sunat semakin berkembang dalam peralatannya maupun metodenya.

Bagaimanapun juga, sunat merupakan kebiasaan atau tradisi dari banyak bangsa, yang telah berlangsung lama, yakni sejak jaman Perjanjian Lama. Banyak bangsa telah melakukan ritus sunat bagi kaum laki-laki dengan berbagai maksud atau tujuan, yakni demi alasan kesehatan, menjadi tanda khas yang membedakan dengan bangsa lain, tanda milik Yahwe.

Sunat menjadi tanda yang bersifat rohani maupun kebangsaan. Pada jaman para rasul, sunat menjadi bahan diskusi dan perbantahan, khususnya pada saat orang-orang non Yahudi percaya kepada Kristus.

Mereka ini tidak perlu mengikuti tradisi sunat, seperti yang dilakukan oleh orang Yahudi.  Terhadap hal ini, St. Paulus menegaskan bahwa bersunat atau tidak bersunat, tidak banyak artinya.

Sunat hanya membuat seseorang menanggalkan sebagian kecil kulit jasmaninya. Yang lebih penting bagi para murid adalah iman akan Yesus Kristus. Iman akan Yesus Kristus mengandaikan bahwa seseorang harus menanggalkan ‘manusia lamanya’, yakni manusia yang dikuasai dosa dan kejahatan serta mengenakan ‘kemanusiaan baru’, yakni manusia yang hidup dalam roh. Ini yang harus dilakukan agar para murid mengalami keselamatan. Keselamatan tidak ditentukan oleh tanggalnya sebagian kecil kulit jasmani berdasarkan aturan sunat, tetapi ditentukan oleh iman akan Yesus Kristus.

Teman-teman selamat pagi dan selamat berkarya. Berkah Dalem.

Kredit foto: Ilustrasi (Jewish Voice)

Loading...

Tulis gagasan

Please enter your comment!
Please enter your name here