Stem Piano

Ayat bacaan:Mazmur 18:7
=======================
“Ketika aku dalam kesesakan, aku berseru kepada TUHAN, kepada Allahku aku berteriak minta tolong. Ia mendengar suaraku dari bait-Nya, teriakku minta tolong kepada-Nya sampai ke telinga-Nya.”

Ketika saya pulang ke kampung halaman bulan lalu dan mengunjungi rumah orang tua saya, saya melihat kembali sebuah piano antik yang dulu saya pakai untuk belajar piano, sejak kecil hingga remaja. Betapa piano itu tidak terurus, dinding-dindingnya banyak yang habis dimakan rayap, suaranya sudah tidak ada yang benar lagi. Saya pun ingat, dulu ketika beberapa tuts piano itu mengeluarkan suara yang sumbang, ibu saya memanggil tukang stem piano. Saya masih ingat betul bagaimana si bapak tukang stem mendeteksi bunyi satu persatu. Dia duduk diam, konsentrasi penuh, dan kemudian menekan tuts. Dia akan segera mendapati suara-suara sumbang, dan segera memutar obeng stemnya ke satu arah. Dia tidak mencoba-coba dahulu harus putar ke kiri atau ke kanan, tapi langsung ke satu arah, setelah mendengar nada yang dihasilkan oleh tuts yang ditekannya. Tidak ada peralatan lainnya, hanya si bapak dan seperangkat obeng khusus. Saya dulu bertanya pada si bapak, dia bisa seahli itu karena bakat atau belajar sekian lama? Si bapak cuma senyum dan menjawab, “bapak sudah kenal sama piano dari dulu..itu aja alasannya.”

Kita hidup di dunia yang dinamis. Setiap hari kita bisa mengalami berbagai macam hal, suka maupun duka, senang maupun susah, kita bersinggungan dengan banyak orang dengan sifat yang berbeda-beda, kita dihadapkan pada berbagai persoalan setiap saat, dan seperti juga piano, hidup kita pada satu saat bisa “sumbang”, bahkan rusak. Ketika anda merasa bahwa diri anda butuh pertolongan, jangan ragu untuk berseru pada Tuhan. Seperti halnya bapak tukang stem yang telah mengenal piano, Bapa di Surga pun sangat mengenal kita. Dia selalu mengerti dan tahu segala persoalan kita, Dia tahu apa yang kita rasakan atau kita pikirkan. Segala teriakan, tangisan, keluh kesah kita akan selalu Dia dengar, dan Dia adalah Allah yang peduli. Dia tahu benar kapan kita “sumbang”, “fals” atau rusak, Dia tahu kapan kita butuh “reparasi”, dan Dia tahu persis bagaimana mereparasi setiap kita. Kenapa? Karena Dia adalah Tuhan yang sangat mengenal kita.

Allah mendengar setiap seruan anda dan tahu persis bagaimana menolong anda

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Comment