Singapura Kehilangan Lew Kuan Yew

leekuanyew-memoirsPERDANA Menteri pertama Singapura sekaligus ‘bapak bangsa’ Negeri Kepulauan Lew Kuan Yew meninggal dunia, Senin (23/3) subuh hari ini. Ayah kandung PM Lee Hsien Loong ini dikenal luas sebagai orang yang paling berjasa membangun Singapura hingga Negeri Kepulauan ini kini menjadi salah satu negara paling makmur dan aman di seluruh jagad. Lew Kuan Yew meninggal pada usia 91 tahun dan seluruh penduduk Negeri Kepulauan ini menyatakan duka citanya. Pemerintah Singapura telah menetapkan hari berkabung nasional sepanjang pekan ini, mulai Senin 23 sampai Minggu 29 Maret. Kisah Lew Kuan Yew naik ke panggung politik dimulai ketika The People’s Action Party (PAP) yang dia besut berhasil meraih kemenangan dalam pemilu tahun 1959. Sejak itulah, mendiang Lew Kuan Yew fokus mulai membangun Singapura hingga kemudian jadilah Negeri Kepulauan ini menjadi “Macan Asia” yang amat disegani dunia. Lee Kuan Yew adalah seorang pengacara lulusan Cambrigde University di Inggris, sebelum akhirnya total memutuskan berkarir di panggung politik dan membawa Singapura menuju kemerdekaannnya setelah melepaskan diri dari Malaysia tahun 1965. Tahun 1990, Lee Kuan Yew memutuskan mundur sebagai PM dan melepaskan jabatannya kepada PM Goh Chok Tong. Meski demikian, dalam kapasitasnya sebagai Menteri Senior, alm. Lee Kuan Yew tetap punya pengaruh sangat kuat di panggung pemerintahan Singapura. PM Goh Chok Tong mundur dari panggung pemerintahan dan estafet kepemimpinan Singapura akhirnya jatuh ke tangan PM Lee Hsien Loong atau dikenal luas sebagai BG Lee yang tak lain adalah anak kandung dan putra pertama mending Lee Kuan Yew.

leekuanyew-memoirs

PERDANA Menteri pertama Singapura sekaligus ‘bapak bangsa’ Negeri Kepulauan Lew Kuan Yew meninggal dunia, Senin (23/3) subuh hari ini. Ayah kandung PM Lee Hsien Loong ini dikenal luas sebagai orang yang paling berjasa membangun Singapura hingga Negeri Kepulauan ini kini menjadi salah satu negara paling makmur dan aman di seluruh jagad.

Lew Kuan Yew meninggal pada usia 91 tahun dan seluruh penduduk Negeri Kepulauan ini menyatakan duka citanya. Pemerintah Singapura telah menetapkan hari berkabung nasional sepanjang pekan ini, mulai Senin 23 sampai Minggu 29 Maret.

Kisah Lew Kuan Yew naik ke panggung politik dimulai ketika The People’s Action Party (PAP) yang dia besut berhasil meraih kemenangan dalam pemilu tahun 1959. Sejak itulah, mendiang Lew Kuan Yew fokus mulai membangun Singapura hingga kemudian jadilah Negeri Kepulauan ini menjadi “Macan Asia” yang amat disegani dunia.

Lee Kuan Yew adalah seorang pengacara lulusan Cambrigde University di Inggris, sebelum akhirnya total memutuskan berkarir di panggung politik dan membawa Singapura menuju kemerdekaannnya setelah melepaskan diri dari Malaysia tahun 1965.

Tahun 1990, Lee Kuan Yew memutuskan mundur sebagai PM dan melepaskan jabatannya kepada PM Goh Chok Tong. Meski demikian, dalam kapasitasnya sebagai Menteri Senior, alm. Lee Kuan Yew tetap punya pengaruh sangat kuat di panggung pemerintahan Singapura.

PM Goh Chok Tong mundur dari panggung pemerintahan dan estafet kepemimpinan Singapura akhirnya jatuh ke tangan PM Lee Hsien Loong atau dikenal luas sebagai BG Lee yang tak lain adalah anak kandung dan putra pertama mending Lee Kuan Yew.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply