Sidang Koptari 2014 di Malino: Pencanangan Tahun Hidup Bakti (2C)

Koptari 6OKTHE Prefect of the Congregation for Institutes of Consecrated Life and Societies of Apostolic Life, Kardinal João Braz De Aviz, Ketua Kongregasi Hidup Bakti dan Hidup Apostolik, menyatakan bahwa Paus Fransiskus telah mengumumkan Tahun Hidup Bakti dalam pertemuan Paus dengan Para Superior Jenderal. Alasannya: Masih dalam rangka mensyukuri anugerah Konsili Vatikan II. Karena kita percaya […]

Koptari 6OK

THE Prefect of the Congregation for Institutes of Consecrated Life and Societies of Apostolic Life, Kardinal João Braz De Aviz, Ketua Kongregasi Hidup Bakti dan Hidup Apostolik, menyatakan bahwa Paus Fransiskus telah mengumumkan Tahun Hidup Bakti dalam pertemuan Paus dengan Para Superior Jenderal.

Alasannya: Masih dalam rangka mensyukuri anugerah Konsili Vatikan II.

Karena kita percaya bahwa Konsili Vatikan II telah menghembuskan nafas Roh Kudus bagi seluruh Gereja, dan secara khusus bagi Hidup Bakti. Kita juga percaya bahwa selama 50 tahun terakhir ini, lembaga Hidup Bakti telah mengalami pembaruan yang sangat berbuah, – dengan banyak kesulitan tentu – dalam komitmen untuk melaksanakan apa yang diminta oleh konsili: Setia kepada Allah, kepada Gereja, kepada kharisma kongergasi dan kepada umat dewasa ini.

  • Tujuan pertama: Mengenangkan dengan penuh syukur apa yang telah terjadi selama 50 tahun terakhir ini.
  • Tujuan kedua: Dengan melihat perjalanan selama 50 tahun terakhir ini, kita menatap masa depan dengan penuh harapan. Walaupun krisis kehidupan melanda pelbagai bidang kehidupan, termasuk lembaga hidup bakti, namun dalam Kristus tidak seorang pun dapat merampas harapan kita.
  • Tujuan ketiga: Menghidupi masa kini dengan “passion” (gairah).

Koptari 7OK

Gairah itu ialah: “Passion of being in love, of true friendship, of profound communion.” This is “the true beauty of the life of so many women who profess the evangelical counsels and follow Christ ‘more closely’ in this state of life.”

Tahun Lembaga Hidup Bakti itu akan berfokus untuk membantu mereka menyadari “indahnya mengikuti Kristus dalam pelbagai bentuk penggilan religius.

Tahun Hidup Bakti itu akan mulai pada bulan Oktober tahun ini (2014) bertepatan dengan peringatan 50 tahun promulgasi Lumen Gentium, yang juga memuat secara khusus hidup bakti (no. 43 – 47); dan ditutup pada Peringatan 50 tahun dekrit Perfectae Caritatis, bulan November 2015.

The Year of Consecrated Life is expected to begin in October of this year, coinciding with the 50th anniversary of the promulgation of Lumen Gentium (the Second Vatican Council’s constitution on the Church), which has a specific chapter dealing with consecrated life. The anniversary of the Council’s decree Perfectae Caritatis, will be the occasion of the close of the Year, in November 2015.

Baca juga: 

Kredit foto: Dok. Romo Albertus Sujoko MSC.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply