< ![endif]-->

Betsaida yang disebut dalam bacaan ini terletak di pantai timur Danau Galilea. Secara administratif Betsaida tidak termasuk wilayah Galilea (jadi daerah ’luar negeri’). Di tempat inilah orang buta disembuhkan oleh Yesus.

Orang buta ini dipandang sebagai pengikut Yesus yang masih buta. Proses penyembuhannya tidak mudah, sebab makan waktu dan usaha, serta membutuhkan tempat yang khusus.

Semula orang-orang membawa si buta ini menghadap Yesus, agar Dia sudi menjamahnya. Agaknya orang-orang sudah banyak yang mengenal Yesus. Namun ternyata Yesus mengajak si buta, dengan menuntun tangan si buta untuk menyingkir dari khalayak ramai, menuju ke kampung. Tujuannya supaya si buta makin mengenal Yesus dari dekat.

Kemudian Yesus melaksanakan penyembuhan dengan meletakkan atas matanya dan mengoleskan ludahnya. Semula hasilnya si buta belum bisa melihat dengan jelas: masih remang-remang. Namun setelah dijamah kedua kalinya si buta dapat melihat secara jelas.

Dengan mengatakan bahwa semula si buta itu seperti melihat pohon-pohon yang berjalan ini mengungkapkan bahwa sebenarnya si buta dulu pernah dapat melihat, tetapi kemudian kena serangan sakit mata lalu tidak bisa melihat lagi.

Gambaran ini dimanfaatkan oleh Markus sebagai gambaran pemulihan orang beriman  yang dulu belum mengenal Yesus dari dekat, tetapi lalu meninggalkannya. Kembalinya si buta kepada Yesus (proses berimannya kembali digambarkan dalam beberapa tahap:

  • Si buta mau dibawa kepada Yesus dan mohon bantuan kepada Yesus.
  • Si buta mau mengakui dirinya buta.
  • Si buta mau dituntun oleh Yesus dan membiarkan dirinya bersama Yesus.
  • Si buta membiarkan diri disembuhkan oleh Yesus (dijamah matanya dan   diolesi dengan ludah Yesus).
  • Si buta mau menjawab pertanyaan Yesus dengan jujur.
  • Si buta mau mengakui kenyataan bahwa kesembuhannya bukan karena usahanya sendiri tetapi karena Yesus.
  • Si buta mentaati Sabda Yesus dan melakukan perintahNya.

Ini semua petunjuk bagi kita kalau kita ingin memantabkan hidup iman supaya dekat Yesus.

Photo credit: Yesus menyembuhkan orang buta (Ilustrasi/Ist)

 

Artikel lain yang banyak dibaca:

5 pencarian oleh pembaca:

  1. renungan kitab markus 8:22-26
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.