Setitik Nila

Ayat bacaan: Galatia 5:9
========================
“Sedikit ragi sudah mengkhamirkan seluruh adonan.”

Ada teman saya seorang programmer. Pada suatu ketika ia bercerita tentang suka dukanya ketika belajar. Pada saat itu, dia sedang dihadapkan pada deadline tugas akhir. Ketika semuanya sudah beres, tiba2 program buatannya tidak jalan. Sementara waktu sudah semakin mepet. Dua hari dua malam dia menelusuri baris demi baris, tapi permasalahannya tidak kunjung ketemu. Ketika dia sudah sedemikian lelah dan frustasi, akhirnya ia menemukan permasalahannya: secara tidak sengaja terdapat satu tanda koma yang tidak seharusnya ada pada salah satu baris. Bayangkan, satu tanda koma yang sedemikian kecil itu dapat mengacaukan keseluruhan program.

Teman, seringkah anda berpikir bahwa dosa2 kecil itu tidak apa2? Betapa seringnya kita mengabaikan dosa kecil, dan hanya berpikir bahwa dosa besarlah yang dapat berakibat maut. Akibatnya, sesekali menyontek, korupsi kecil, mencuri selembar uang ribuan dari kantong teman, dan lain2, sering dianggap sebagai hal yang lumrah. Padahal dosa2 “kecil” itu bisa tumbuh dan menjalar semakin parah dalam kehidupan kita. Pelanggaran2 kecil itu dapat menggoda kita untuk masuk ke dalam pelanggaran yang lebih besar, dan akan menjadi terus semakin besar.

Jika dalam pepatah kita disebutkan “karena nila setitik rusak susu sebelanga”, dosa yang sangat kecil sekalipun dapat merusak hubungan kita denganNya dan menutup pintu2 surga. Kita harus belajar untuk hidup benar, tanpa toleransi terhadap dosa sekecil apapun. Saya sadar bahwa sebagai manusia kita masih jauh dari sempurna. Maka, ketika dalam perjalanan hidup ini kita terpeleset, sekecil apapun itu, akuilah semuanya kepada Tuhan, mohon ampun dan berusahalah sebaik mungkin untuk tidak masuk ke dalam lubang yang sama. Mintalah Roh Kudus untuk selalu memberi hikmat agar kita bisa membedakan mana yang baik dan tidak, mana yang benar dan mana yang salah. Berjalanlah dalam terang Tuhan, jangan biarkan ada spot hitam disana sini yang menghalangi sinar masuk dalam hidup anda.

Dosa2 kecil adalah awal dari dosa selanjutnya. Jangan abaikan apapun yang dapat merintangi hubungan anda dengan Tuhan.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply