Serba Putih Kabinet Kerja Jokowi-JK

kabinet jokowi berpakaian putih

“Maka kataku kepadanya, ,Tuanku, tuan mengetahuinya.’ Lalu ia berkata kepadaku, ‘Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba.’” (Wahyu 7, 14)

SETELAH  beberapa kali dipakai, jubah saya nampak kotor, khususnya bagian leher dan kedua tangan. Kotor dan warna hitam tersebut hilang setelah jubah tersebut dicuci. Saya lihat bahwa tukang cuci mempergunakan cairan pemutih pakaian.

Saat ini memang tersedia banyak cairan untuk memutihkan pakaian. Banyak orang mempergunakannya, agar pakaian yang kotor dan berwarna hitam atau kuning bisa putih kembali. Pakaian bersih dan putih tidak hanya ada di tempat penyucian atau laundry.

Akhir-akhir ini banyak orang memakai pakaian putih bersih. Baju anak-anak sekolah berwarna putih. Presiden dan para menterinya memakai pakaian putih. Sekelompok politisi dan relawan juga memakai pakaian putih. Mempelai pun banyak yang memakai pakaian putih dan panjang. Para perawat di rumah sakit dan juga para dokter banyak yang memakai pakaian putih.

Warna putih sering dikaitkan dengan ‘steril’, kemurnian, kebersihan dan kesucian. Inilah yang harus menjadi tujuan akhir atau puncak kehidupan umat beriman, yakni kesucian hidup.

Peristiwa kanonisasi beberapa orang kudus pada akhir-akhir ini meneguhkan hal ini, yakni bahwa kesucian merupakan puncak kehidupan umat beriman. Banyak umat beriman yang sudah sampai puncak. Namun demikian banyak pula umat beriman yang masih harus berjuang langkah demi langkah menuju ke puncak.

Kesucian memang merupakan anugerah Allah. Anugerah yang diberikan Allah kepada umat beriman yang dengan setia, tanpa kenal lelah serta tanpa kenal putus asa, berusaha dan berjuang untuk terus maju menuju puncak. Anugerah yang diberikan kepada mereka yang dengan tabah dan berani menghadapi berbagai macam kesulitan dan kesusahan hidup.

Anugerah yang diberikan kepada mereka yang berani mempertaruhkan dirinya demi iman akan Yesus Kristus, Sang Anak Domba. Mereka masuk ke dalam kesucian hidup, karena mereka telah membasuh dirinya bukan dengan cairan pemutih pakaian, tetapi dengan darah Anak Domba. Teman-teman selamat pagi dan selamat berakhir pekan.

Selamat merayakan Pesta Semua Orang Kudus. Berkah Dalem.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: