Semangat Gotong-Royong

Ayat bacaan: Ibrani 10:24-25
=============================
“Marilah kita teguh berpegang pada pengakuan tentang pengharapan kita, sebab Ia, yang menjanjikannya, setia. Dan marilah kita saling memperhatikapaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.”

Dalam banyak episode tv seri Prison Break, terlihat bagaimana kehancuran mental seseorang ketika mereka diisolir sendirian dalam sebuah ruangan tanpa cahaya. Itu menjadi sebuah hukuman “ekstra” bagi mereka yang melakukan pelanggaran didalam penjara. Saya jadi ingat, dalam sebuah wawancara dengan beberapa mantan tahanan perang, mereka berkata bahwa yang paling efektif dipakai musuh untuk mematahkan semangat dan kekuatan mereka bukanlah berbentuk siksaan fisik, tetapi ketika mereka diisolasi sendirian, jauh dari teman2 mereka untuk waktu lama.

Manusia memang merupakan mahluk sosial. Anda tidak akan mampu berbuat banyak jika anda hidup sendirian. Dalam pertumbuhan iman pun sama. Meskipun beriman kuat, tapi semua orang pasti mengalami waktu2 dimana roh yang menyala2 itu akan sedikit meredup. Disisi lain, mungkin ada banyak kesaksian hidup anda yang dapat menjadi berkat bagi orang lain. Dalam hal2 seperti inilah, bentuk kebersamaan, hidup bergotong-royong saling memperhatikan dan menguatkan menjadi hal yang vital di kalangan anak2 Tuhan.

Persekutuan pribadi kita dengan Tuhan belum sepenuhnya cukup untuk menghasilkan sebuah bentuk kerohanian yang kuat dan teguh. Beribadah di Gereja, persekutuan, doa bersama, KKR dan lain2 dapat menjadi tempat dimana kita bisa saling meneguhkan, saling menguatkan dan saling peduli. Ketika anda bergembira, anda dapat membagi kegembiraan dengan teman2, ketika anda bersedih, ada mereka yang memberikan penghiburan dan semangat. Saling bersaksi dan berbagi pengalaman akan kasih karunia Bapa yang turun atas anak2Nya. Dan lihatlah, roh kita akan terus menyala2 dengan adanya semangat gotong royong seperti ini. Kita tidak perlu ragu dalam segala pengharapan, karena Tuhan selalu setia dan menepati janjiNya. Betapa indahnya ketika dalam komunitas atau ibadah, Tuhan Yesus berada ditengah2 dan memberkati anak2Nya yang berkumpul, bersatu dalam namaNya.

Kebersamaan dan bertumbuh bersama dalam Yesus akan memberikan kekuatan dalam hidup anda.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply