Sejenak Bijak: Minggu 31 Agustus 3014, Mat16:21-27

kuat pribadi by luka magnotaINJIL hari Minggu biasa pekan XXII, tahun A ini,berisi bagaimana Yesus menyatakan diriNya pada para murid bagaimana Dia harus pergi ke Yerusalem, di sanalah Dia akan ditolak (oleh para imam, ahli taurat), akan alami banyak penderitaan, bahkan alami kematian. Saat itulah, Petrus sebagai salah seorang dari para murid berusaha mencegah supaya Yesus tidak pergi ke […]

kuat pribadi by luka magnota

INJIL hari Minggu biasa pekan XXII, tahun A ini,berisi bagaimana Yesus menyatakan diriNya pada para murid bagaimana Dia harus pergi ke Yerusalem, di sanalah Dia akan ditolak (oleh para imam, ahli taurat), akan alami banyak penderitaan, bahkan alami kematian.

Saat itulah, Petrus sebagai salah seorang dari para murid berusaha mencegah supaya Yesus tidak pergi ke sana. Lalu justru saat itu jugalah, Yesus menegur Petrus, “Enyahlah iblis, engkau bukan memikirkan apa yg dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia,”.

Saudari-saudaraku, kecenderungan tak sedikit orang ingin menghindar dari kesulitan, dari bahaya, dari risiko. Yesus sang Guru dalam Injil hari Ninggu ini memberi teladan, bagaimana semestinya, kesulitan, risiko itu dihadapi, dijalani bukannya dihindari.

Tak sedikit orang lebih suka memikih jalan yang mudah, enak, ketimbang harus melalui yang sulit dan tak mengenakkan. Tapi, bukankah justru mereka yang berhasil dan mampu bertahan dalam kesulitan, berani ambil risiko itulah biasanya yang menjadikan seseorang menjadi pribadi berkuakitas, tangguh?

kuat pribadi by luka magnota

Buktikan kalau andal dan kuat. (Courtesy of Luka Magnota)

Penyangkalan diri, berani memaanggul salib, dan mengikuti Dia.

Itulah ajakannya untuk menjadi murid andal, tangguh, bukan pribadi kolokan,  gembeng, manja, dan lemah.

Mari, mohon rahmat Tuhan supaya kita makin dimampukan untuk berani memilih apa yang tidak kita sukai, asal itu baik. Sebab yang baik itu tak selalu menyenangkan hati (meski bisa juga sekaligus menyukakan) tapi yang disukai belum tentu adalah hal yang baik.

Kredit foto: Ilustrasi (Courtesy of Luka Magnota)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply