Satu Untuk Semua

Ayat bacaan: Kis 16:31
===================

Jawab mereka: “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.”


Seminggu yang lalu, pada suatu malam saya mendapat telpon dari medan. Adik saya ternyata, masih dalam suara terengah2, mengabarkan bahwa kampung dibelakang rumah di medan terbakar. Api menjalar dengan cepat dan menghanguskan rumah demi rumah, semakin lama semakin mendekati rumah yg ditempati ayah dan adik saya di medan. Bayangkan kengerian mereka, ketika api tinggal selangkah lagi. Tidak banyak barang yg sempat mereka selamatkan, mereka cuma membawa secukupnya keluar dari rumah. Tapi mukjizat terjadi. Tiba2, sekelompok orang yang sama sekali tidak dikenal, naik ke genteng rumah, menyiramkan air dan sebagainya diatas sana, hingga bagian2 tubuh mereka sempat terluka sana sini akibat goresan bagian2 atap yang tajam. Dan, lebih ajaib lagi, api berhenti tepat dibelakang rumah ayah dan adik saya di medan.

Ajaib memang, sebuah mukjizat mungkin terjadi kapan saja dan dimana saja. Bagi Allah, segalanya mungkin. Tapi sebuah catatan dalam cerita ini adalah, adik dan ayah saya belum percaya Yesus alias masih menganut agama lain. Bagi saya, dengan segala hormat dan puji serta syukur bagi Tuhan Yesus, hal ini tidak mengagetkan. Karena dari jauh sebelumnya, hal seperti ini sudah dijanjikan oleh Tuhan. Sebuah bentuk penyertaan Yesus dalam hidup kita dan keluarga kita, dan menjaga mereka lewat iman kita.

Percaya pada Yesus, bukanlah percaya yang hanya dibibir saja. Banyak sekali orang yang mengakui Yesus, tetapi mereka tetap diliputi banyak keraguan dalam hidup mereka. Doa seringkali hanya berisi permintaan yang sama, berulang2, seolah2 Tuhan bisa lupa jika tidak sering2 diingatkan. Bagaimana kita bisa mengatakan kita percaya pada seseorang atau sesuatu, tetapi di saat yang sama kita tetap meragukan kapabilitas atau kemampuan mereka? Ketika anda memilih sebuah maskapai penerbangan untuk mengantarkan anda pada sebuah destinasi, artinya anda juga mempercayakan keselamatan anda pada maskapai tersebut, dan yakin bahwa mereka adalah yang terbaik menurut anda. Sebuah analogi yang sama, jika anda percaya pada Yesus Kristus, artinya anda memberikan hidup anda kepadaNya, mempercayakan segala sesuatunya tidak pada apapun itu, selain Yesus. Yakinlah, bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yang luar biasa, selalu menepati janji2Nya, dan sanggup untuk memberikan segala yang terbaik buat kita. Betapa doa2 syafaat yang kita panjatkan buat orang-orang yang kita sayangi sangat besar kuasanya. Teruslah doakan keluarga dan orang2 terdekat kita yang belum bertobat agar mendapat jamahan Tuhan dan bisa mengenal kasih Yesus dalam hidup mereka.

Keselamatan ada didalam Yesus, tidak hanya bagi kita, tapi juga bagi mereka yang kita sayangi.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply