Sambut-sembah Yesus sebagai Roti Hidup, Kita Beroleh Hidup Abadi

0
65

roti kehidupan2 by ist

Rabu, 22 April 2015
Pekan Paskah III
Kis 8:1b-8; Mzm 66:1,3a-7a; Yoh 6:35-40

Yesus bersabda, “Akulah roti hidup … yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.”

SEPERTI kemarin pun hari ini, Yesus Kristus bersabda dan menyatakan diri-Nya sebagai roti hidup sejati. Mengapa Yesus menyebut dan mewahyukan diri-Nya sebagai roti hidup sejati?

Dalam kehidup, pikiran dan hati orang Yahudi, roti merupakan makanan pokok harian. Mereka tidak dapat bertahan hidup lama tanpa roti sebagai makanan mereka. Roti itu penyangga hidup mereka.

Yesus Kristus menyatakan diri-Nya bukan sebagai roti biasa melainkan roti yang istimewa, yakni sebagai roti hidup. Maka jelaslah yang dimaksudkan tak hanya masalah makanan raga semata melainkan Ia menawarkan kepada kita santapan jiwa, makanan rohani yang menghasilkan kehidupan Allah sendiri dalam diri kita. Ia menawarkan relasi yang tersambung dengan Allah, Sang Pencipta dan Sumber kehidupan kita. Dalam Dia kita mempunyai hidup sejati yang berlimpah.

Yesus Kristus juga menjanjikan persahabatan yang tak terhancurkan dan kebebasan dari ketakutan akan keterpisahan dari Alla. Ia menawarkan kehidupan sejati yang nyata yakni relasi dengan Allah yang hidup, relasi karena iman, kasih, ketaatan, damai sejahtera dan sukacita. Ia adalah roti hidup yang sejati bagi kita. Terpisah dari pada-Nya tak seorang dapat masuk ke dalam relasi kehidupan bersama Allah.

Dalam Ekaristi dan Adorasi Ekaristi Abadi, kita masuk dalam relasi kasih dengan Allah dalam Yesus Kristus sebagai roti hidup sejati. Mari kita mengimani bahwa dengan menyembah dan menyambut-Nya, kita pun akan dibangkitkan pada akhir zaman dan hidup bersama-Nya. Inilah sukacita pengharapan kita dan demikianlah pula merupakan sukacita Injil yang kita wartakan.

Tuhan Yesus Kristus, lagi dan lagi Engkau menyatakan diri-Mu sebagai roti hidup sejati dari surga. Berilah kami iman untuk percaya pada-Mu yang selalu menawarkan hidup berlimpah dengan menyambut-Mu dalam Ekaristi dan menyembah-Mu dalam Adorasi Abadi kini dan selamanya. Amin.

Girli Kebon Dalem

Loading...

Tulis gagasan

Please enter your comment!
Please enter your name here