“Safe”, Rahasia Korupsi di Tangan Gadis Cilik Jenius

NEW York tak hanya menyimpan sejuta pesona. Juga cerita duka kepedihan karena dihantam aksi bom 9/11 hingga gedung kembar WTC luluh lantak. Pun pula menyisakan kisah korupsi yang menggurita. Tak hanya di kalangan Triad –organisasi mafia China—dan kelompok gangster Rusia, melainkan diam-diam ikut merambah jajaran kepolisian New York. Tak kurang, bahkan sang Walikota New York […]

NEW York tak hanya menyimpan sejuta pesona. Juga cerita duka kepedihan karena dihantam aksi bom 9/11 hingga gedung kembar WTC luluh lantak. Pun pula menyisakan kisah korupsi yang menggurita. Tak hanya di kalangan Triad –organisasi mafia China—dan kelompok gangster Rusia, melainkan diam-diam ikut merambah jajaran kepolisian New York. Tak kurang, bahkan sang Walikota New York pun diam-diam merajut jaringan bawah tanah untuk mengeruk setoran haram dari tali-temali jaringan kelompok mafia di kota ultra metropolis ini.

Luke Wright (Jason Statham) berada di luar lingkaran hitam tersebut dan menjadi pengangguran.   Padahal sebelumnya dia adalah polisi wahid dari kesatuan khusus. Bahkan pula pernah menjadi  andalan Walikota New York  Tremello (Chris Sarandon) ketika dia tegas mengibarkan bendera perang menggilas para teroris yang mengancam New York.

Bangkit dari keterpurukan

Tapi itu masa lampau. Sekarang, Luke terdampar dalam sebuah keterpurukan. Tidak hanya secara ekonomi yang membawa dia menjadi petinju bayaran namun tak putus disetir mafia Russia, melainkan secara sosial pun dia masuk comberan. Alias tidak dianggap dan seakan-akan telah menjadi “musuh” masyarakat.

 Padahal, kemampuan kontraterorisme masih erat melekat pada Luke, jago kepruk tak suka mengibarkan bendera kalah melawan kejahatan. Semangatnya membela yang kecil inilah yang akhinya mempertemukan dia dengan Mei  (Caherine Chan) –gadis cilik Chinese asal RRC—dengan kemampuan daya ingat jenius. Mei datang ke daratan AS sengaja “diselundupkan” oleh jaringan mafia Triad asal China.

Rahasia di tangan gadis cilik

Mei adalah kunci Triad dan mafia Russia bisa menguak kode kunci rahasia sebuah brankas hasil kejahatan  money laundering praktik perjudian gelap dan prostitusi yang dikelola jaringan mafia hitam atas persetujuan diam-diam Sang Walikota New York dan Kepala Polisinya Kapten Wolf (Robert John Burker). Luke Wright –sang veteran polisi garis keras anti mafia—datang menyelamatkan Mei, sekaligus menggulung kejahatan kerah putih yang dimainkan para elit polisi New York, termasuk Sang Walikota.

Kenapa gadis cilik bernama Mei ini jadi fokus seluruh kisah film Safe?

 Ini karena Mei mampu menguak jalinan nomor-nomor kode yang merupakan sandi nomor pembuka brankas berisi uang tunai 30 juta dollar AS ini. Safe, kodenya di tangan Mei, sementara kuncinya di tangan Luke Wright.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply