Sabtu 13 September 2014: PW ST. Yohanes Krisostomus, Uskup dan Pujangga Gereja

santo yohanes chrysostomus

1Korintus 10:14-22a; Mzm 116:12-13.17-18; Lukas 6:43-49

“Sebab setiap pohon dikenal dari buahnya. Karena dari semak duri orang tidak memetik buah ara dan dari duri-duri orang tidak memetik buah anggur.”

YESUS  menggunakan pohon ara dan anggur dan melawankannya dengan semak duri dan belukar. Dalam Alkitab, pohon ara melambangkan kesuburan, perdamaian; dan kesuburan. Pohon anggur melambangkan kebahagiaan dan sukacita.

Apa makna sabda ini bagi kita? Setiap pohon dikenal dari buahnya. Kita diajak untuk menyadari bahwa orang yang baik menghasilkan buah yang baik. Dan itu mengalir dari kedalaman hati. Buah-buah itu melambangkan karakter kita dan segala hal yang baik dari hidup kita.

Apakah kita menghasilkan buah yang baik? Sebagai Umatb Kristiani, buah yang baik adalah buah dari relasi kita dengan Kristus, hidup selaras dengan sabda dan rahmat-Nya. Dengan tinggal dan hidup di dalam Dia, kita menyadari bahwa kekuatan kita bukanlah diri sendiri melainkan Tuhan semata. Dia selalu menyuplai kita dengan rahmat-Nya. Rahmat uang kita butuhkan sebagai murid-Nya.

Dengan hidup dalam Kristus dan menghasilkan buah yang baik, kita pun membangun rumah di atas wadas yang kokoh. Dengan demikian kita pun tidak mudah goyah pun roboh. Kita dimampukan tetap bertahan menghadapi topan dan badai kehidupan.

Dalam Adorasi Ekaristi Abadi, kita belajar hidup dan tinggal di dalam Kristus agar menghasilkan buah yang baik. Kita belajar menjadi pohon yang baik dan berbuah baik pula. Buah yang baik itu ditandai oleh iman, harapan, dan kasih, keadilan dan damai-sejahtera, ketekunan dan keteguhan. Mari kita suburkan hidup kita dengan buah-buah kehidupan yang baik. Kita tolak hal-hal yang jahat.

Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah dasar yang benar dab sumber yang meyakinkan hidup kami. Engkaulah kekuatan kami. Berilah kami kebijaksanaan dan kekuatan-Mu agar kami hidup selaras dengan kebenaran-Mu dan menolak setiap kepalsuan. Semoga kami menghasilkan buah yang baik, kini dan selamanya. Amin.

Girli Kebon Dalem
»̶•̵̭̌•̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊•̵̭̌•̵̭̌«̶
“abdi Dalem palawija”
Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: