Sabda Hidup: Senin, 8 September 2014

maria ikon

PESTA Kelahiran SP Maria. Warna liturgi Putih

Bacaan: Mi. 5:1-4a atau Rm. 8:28-30; Mzm. 13:6ab,6cd; Mat. 1:1-16,18-23.

BcO Kej. 3:9-20 atau Sir. 24:2-12,16-22

Bacaan Injil Mat. 1:1-16,18-23:
1 Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. 2 Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, 3 Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, 4 Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, 5 Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, 6 Isai memperanakkan raja Daud.

Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria, 7 Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa, 8 Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia, 9 Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia, 10 Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia, 11 Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel.

12 Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel, 13 Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor, 14 Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim, Akhim memperanakkan Eliud, 15 Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, 16 Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.

18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. 19 Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.

20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. 21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” 22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: 23 “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” ?yang berarti: Allah menyertai kita.

Renungan:
Hari ini adalah Pesta Kelahiran SP Maria. Dalam bahasa umum adalah ulang tahun SP Maria. Maka selamat berpesta nama kepada semua yang memakai nama baptis Maria.
Nama Maria adalah nama istimewa dalam Gereja Katolik. Maria adalah teladan hidup beriman yang luar biasa. Tampak ia adalah pribadi yang telah disiapkan oleh Allah. Ia dipertemukan dengan garis keturunan Abraham dan Daud, yaitu dengan Yusuf. Rahmat kekudusan dari Allah ditanggapi dengan hidup suci. Ia tekun beribadah dan mendengarkan suara Tuhan. Kabar dari malaikat Gabriel segera dimengerti sebagai sabda Tuhan. Walau bebannya terasa berat bagi dirinya yang terbatas namun ia percaya rahmat Allah bekerja lebih dahsyat dalam hidupnya. Ia mampu menjalankan tugas perutusan Allah sampai Yesus naik ke surga bahkan sampai memelihara kesatuan para murid yang tercabik-cabik oleh peristiwa kematian Yesus.

Maria sungguh menjadi pribadi yang telah menanggapi rahmat kekudusan dari Allah secara utuh. Ia mampu melalui suka dan derita. Dalam dukanya ia mampu menghibur dan mempersatukan mereka yang (sempat) berputus asa. Tak ada alasan baginya untuk tidak menguatkan sesama yang sedang menderita. Terima kasih ibu Maria.

Kontemplasi
Duduklah di depan patung Maria. Pandanglah dan hadirkan ibu Maria di hadapanmu. Timbalah daya imannya.

Refleksi: Siapa ibu Maria bagimu?

Doa: Ibu Maria, engkau sang embun di taman kering, memekarkan berlaksa bunga kehidupan. Doakanlah kam karena doamu menembus surga. Amin.

Perutusan: Aku mensyukuri rahmat kekudusan dari Allah dengan tekun memperjuangkan kesucian hidup harian.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: