Sabda Hidup: Senin 6 Oktober 2014, Peringatan Santo Isidorus, Bruno

santo isidorusPERINGATAN Bruno, Isidorus De Loor, Diego de San Vitores Warna liturgi Hijau Bacaan: Gal. 1:6-12; Mzm. 111:1-2,7-8,9,10c; Luk. 10:25-37. BcO Sir. 2:1-18 Renungan: Kali ini sekali lagi kita mendapatkan contoh pribadi yang kontras satu sama lain. Di satu sisi ada Yesus dan di lain sisi ada ahli taurat yang hendak mencobai Yesus. Ketika ada tanya […]

santo isidorus

PERINGATAN Bruno, Isidorus De Loor, Diego de San Vitores
Warna liturgi Hijau

Bacaan: Gal. 1:6-12; Mzm. 111:1-2,7-8,9,10c; Luk. 10:25-37.

BcO Sir. 2:1-18

Renungan:
Kali ini sekali lagi kita mendapatkan contoh pribadi yang kontras satu sama lain. Di satu sisi ada Yesus dan di lain sisi ada ahli taurat yang hendak mencobai Yesus. Ketika ada tanya jawab di antara mereka terlihat perbedaan karakter. Yesus menerima jawaban baik dari ahli taurat (bdk. Luk 10:28). Sebaliknya si ahli taurat tidak terima dg jawaban Yesus dan ingin melanjutkan usahanya untuk mencobai Yesus (ay. 29).

Menghargai yang sungguh memang baik walau dari mereka yang memusuhi adalah keutamaan. Di sini kita diajar untuk membuang rasa sebagai yang paling hebat dan berani mengakui hal baik dari orang lain. Rasaku kemampuan mengargai yang baik merupakan keutamaan, apalagi bila yang diakui adalah kebenaran yang berasal dari musuh.

Di tengah bangsa kita sekarang ini marilah kita mempunyai ketulusan untuk menerima yang terbaik dari siapapun juga. Kita rela menerima bahkan memberi support pada yang baik dan benar. Jangan biarkaan diri kita  dikuasai iri dendam dan dengki sehingga tidak mampu melihat hal baik sebagai yang sungguh baik.

Kontemplasi: Pejamkan.matamu. Ikuti percakapan Yeus dengan ahli taurat dalam Injil Luk. 10:25-37. Bandingkan dirimu kala menghadapi usulan baik dari lawanmu.

Refleksi: Tulislah pengalamanmu ketika harus mengakui pendapat baik dari lawanmu.

Doa: Tuhan, semoga aku menerima secara baik jawab-jawabanMu. Dan semoga aku bisa berbuat selaras dengan  kehendakMu. Amin.

Perutusan: Aku akan menerima hal-hal baik dan benar dari siapa pun.

Kredit foto: Ilustrasi

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply