Sabda Hidup: Senin, 15 Juni 2015

Revenge-cover

Bacaan: 2Kor. 6: 1-10; Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4;
BcO Hak. 2:6-3: 4

Bacaan Injil: Mat. 5:38-42.

38 Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. 39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. 40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. 41 Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. 42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

Renungan:

Bertahan untuk tidak membalas tindakan jahat orang lain tidaklah mudah. Balas dendam rasanya menjadi ajaran umum. Film-film seringkali menyuguhkan tontonan balas dendam itu. Maka balas dendam seakan-akan menjadi sesuatu yang biasa bahkan khas dalam kehidupan manusia. Namun ternyata balas dendam akan menghasilkan dendam yang lain. Karenanya lingkaran dendam pun melingkupi hidup manusia.

Yesus mengajarkan sesuatu yang berbeda. Ia mengajak kita untuk tidak membalas. Kala ada yang menampar kita malah diminta memberikan sisi yang lain dst. Yesus ingin menghentikan lingkaran dendam dalam hidup manusia. Ajaran ini pun Dia laksanakan kala Ia memohonkan pengampunan pada mereka yang menganiayanya.

Marilah kita bertahan dalam kebaikan walau mendapatkan tindakan jahat, tetap mengampuni walau selalu disalahi. Dengan begitu kita akan mengalahkan kejahatan dengan kebaikan dan memutus lingkaran dendam.

Kontemplasi: Duduklah dengan tenang. Ingatlah satu dua orang yang selalu berbuat jahat padamu. Doakanlah mereka agar Tuhan menyentuh dan mempertobatkannya.

Refleksi: Tulislah pengalamanmu menghadapi orang yang jahat kepadamu.

Doa: Tuhan kuatkanlah hatiku untuk bertahan dalam kebaikan walau ada yang berbuat jahat kepadaku. Semoga mereka pun segera bertobat dan kembali ke jalan kebaikan. Amin.

Perutusan: Aku akan bertahan dalam kebaikan. -nasp-

Agoeng
komsos kas
“lumaku ing laku”

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: