Sabda Hidup: Selasa, 6 Januari 2015

Old blessingPERINGATAN Santo Didakus Yosef dr Sadiz warna liturgi Putih Bacaan: 1Yoh. 4:7-10; Mzm. 72:2,3-4ab,7-8; Mrk. 6:34-44. BcO Yes. 62:1-12 Bacaan Injil Mrk. 6:34-44 34 Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal […]

Old blessing

PERINGATAN Santo Didakus Yosef dr Sadiz
warna liturgi Putih

Bacaan: 1Yoh. 4:7-10; Mzm. 72:2,3-4ab,7-8; Mrk. 6:34-44.

BcO Yes. 62:1-12

Bacaan Injil Mrk. 6:34-44
34 Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka. 35 Pada waktu hari sudah mulai malam, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya dan berkata: “Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. 36 Suruhlah mereka pergi, supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa dan di kampung-kampung di sekitar ini.”

37 Tetapi jawab-Nya: “Kamu harus memberi mereka makan!” Kata mereka kepada-Nya: “Jadi haruskah kami membeli roti seharga dua ratus dinar untuk memberi mereka makan?” 38 Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Berapa banyak roti yang ada padamu? Cobalah periksa!” Sesudah memeriksanya mereka berkata: “Lima roti dan dua ikan.”

39 Lalu Ia menyuruh orang-orang itu, supaya semua duduk berkelompok-kelompok di atas rumput hijau. 40 Maka duduklah mereka berkelompok-kelompok, ada yang seratus, ada yang lima puluh orang. 41 Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang itu; begitu juga kedua ikan itu dibagi-bagikan-Nya kepada semua mereka.

42 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. 43 Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti dua belas bakul penuh, selain dari pada sisa-sisa ikan. 44 Yang ikut makan roti itu ada lima ribu orang laki-laki.

Renungan:
Setiap orang yang bepergian umumnya membawa bekal. Ada yang membawa uang, makanan dll sebagai bekalnya. Bekal yang dibawa disesuaikan dengan jauhnya perjalanan yang akan ditempuh atau juga lamanya dia bepergian.

Hari ini Yesus menemukan orang-orang mengikutiNya sampai larut petang. Mereka bagaikan domba yang tak mempunyai gembala. Yesus pun meminta para muridNya agar memberi mereka makan. Karena jumlah yang begitu banyak para murid pun ragu mampu menyediakannya. Ia pun membuka penyediaan itu dengan menanyakan keberadaan makanan di antara mereka. Bekal orang-orang pun akhirnya keluar dan dengan doa Yesus mereka mampu menyediakan makanan yang cukup bahkan sisa.

Semua dari kita mempunyai bekal yang cukup. Ketika kita mau mengeluarkannya dan berbagi kita akan mampu saling memenuhi. Marilah kita buka bekal kita dan kita saling berbagi bekal.

Kontemplasi: Duduklah dengan tenang. Bukalah bekal milikmu untuk orang-orang di sekitarmu. Berbagilah dengan mereka.

Refleksi: Apa arti bekalmu dan berbagi bekal bagimu?

Doa: Tuhan semoga umat manusia yang telah Kauanugerahi bekal hidup mau saling berbagi dengan sesamanya. Amin.

Perutusan: Aku akan berbagi bekalku.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply