Sabda Hidup Selasa, 28 Oktober 2014

0
13

JesusChoosesThe12

Pesta St. Simon dan Yudas, Rasul
warna liturgi merah

Bacaan:
Ef. 2:19-22; Mzm. 19:2-3,4-5; Luk. 6:12-19.
BcO Kis. 5:12-32 atau 1Kor. 1:17-2:5 atau 1Kor. 4:1-16

Renungan:
Hari ini adalah pesta St. Simon dan Yudas, Rasul. Setelah berdoa semalam-malaman Yesus memilih 12 orang dari antara para murid untuk menjadi rasulNya. Simon dan Yudas adalah 2 orang yg terpilih itu. Beberapa hari yang lalu Presiden RI juga memilih beberapa warga Indonesia menjadi menterinya. Saya tidak tahu apakah Presiden berdoa semalam-malam untuk memilih mereka, tapi saya percaya ia pasti berdoa sebelum menentukan pilihan. Ia pun telah meminta bantuan dua lembaga untuk memberi catatan sebelum mereka dipilih.
Memilih rekan kerja itu gampang-gampang susah. Sekalipun tidak ada transaksi politik ada pilihan yang bisa tidak sesuai dengan harapan, apalagi kalau ada tekanan transaksi politik tertentu. Sering seorang pemimpin dihadapkan paad situasi dilematis daalm menentukan pilihannya apalagi kala publik mempunyai harapan yang tinggi. Harapan akan pribadi sempurna melekat dan seringkali berakibat kecewa kala tak terpenuhi.
Selama hidup bersama Yesus para murid tidak tercatat melakukan banyak pekerjaan. Mereka lebih banyak mengikuti dan mendengarkan Sang Guru pergi mengajar dan menyembuhkan. Mereka baru tampak sungguh-sungguh bekerja kala Yesus bangkit dan naik ke surga. Tentu tidak demikian dengan para menteri. Mereka mesti langsung kerja karena dipilih dari kelompok profesional. Semoga kesempatan yang diberikan ditanggapi dengan komitmen yang istimewa seperti para rasul Tuhan Yesus.

Kontemplasi
Hadirkan salah satu wajah kabinet yang anda kenali. Tataplah dan katakan harapanmu padanya.

Refleksi:
Bagaimana pengalamanmu ketika harus memilih rekan kerjamu?

Doa:
Tuhan sudilah memberikan berkat pd orang-orang yang terpilih untuk melayani bangsa ini. Smg mereka teguh daam iman, tahan godaan dan sungguh-sungguh bekerja untuk seluruh bangsa. Amin.

Perutusan:
Aku menerima dan memberi kesempatan yang dipilih agar bekerja dengan sungguh-sungguh.

Kredit foto: ilustrasi (Ist)

 

Loading...

Tulis gagasan

Please enter your comment!
Please enter your name here