Sabda Hidup: Sabtu, 4 Oktober 2014, PW Santo Fransiskus Assisi

PERINGATAN  Wajib St. Fransiskus dr Assisi
Warna liturgi Putih

Bacaan:cAyb. 42:1-3,5-6,12-16; Mzm. 119:66,71,75,91,125,130; Luk.10:17-24;

BcO Ydt. 13:3-14:7

Renungan:
Para murid mengalami kegembiraan. Dalam nama Tuhan mereka mampu menjalankan tugas dan mengalahkan banyak kuasa jahat. “Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu” (Luk 10:17). Yesus pun mengiyakan kesaksian mereka, “Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit” (ay. 18).

Kebahagiaan-kebahagiaan semacam ini sangat biasa kita alami. Kita merasa gembira kala tugas perutusan kita masing2 berjalan dengan lancar. Kegembiraan kita semakin bertambah kala tahu apa yang kita lakukan mendapat apresiasi. Seorang karyawan dipilih menjadi karyawan teladan. Pelajar menjadi juara. Mahasiswa terpilih menjadi lulusan terbaik. Semua itu pasti menggembirakan dan menjadi bahan cerita.
Hasil tentu memberi kepuasan tersendiri. Namun lebih dari itu kita layak menghargai proses untuk mencapai pada hasil tersebut. Para murid berhasil karena kuasa yang diberikan Tuhan dan mereka berkarya dalam nama Tuhan. Hal itu menjadi tanda bahwa selama berproses mereka telah tercatat dalam nama Tuhan. “Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga” (ay. 20).

Kontemplasi: Hadirkan kisah dalam Injil. Bandingkan dengan pengalamanmu dalam berproses menuju suatu keberhasilan.

Refleksi: Bagaimana Tuhan terlibat dalam setiap proses dan keberhasilanmu?

Doa: Yesus terima kasih telah memberikan daya dan kuasa padaku untuk mengarungi samudera hidupku. Semoga dalam namaMu aku sanggup mengarungi samudera hidup ini.  Amin.

Perutusan: Aku akan menyadari campur tangan Tuhan dalam hidupku.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply