Sabda Hidup: Sabtu, 10 Januari 2015

Santo gregorius dari nizaPERINGATAN St. Gregorius Nissa, Gulielmus Bituricensis Warna liturgi Putih Bacaan: 1Yoh. 5:14-21; Mzm. 149:1-2,3-4,5,6a,9b; Yoh. 3:22-30 BcO Yes. 66:5-14a,18-23 Bacaan Injil Yoh. 3:22-30 Renungan: Pengikut menjadi kebanggaan sebuah kelompok. Kalau pengikutnya banyak maka kelompok itu pun akan makin bangga. Satu saja anggota kelompoknya pindah mereka akan merasa sangat kehilangan. Satu kelompok dengan kelompok yang lain […]

Santo gregorius dari niza

PERINGATAN St. Gregorius Nissa, Gulielmus Bituricensis

Warna liturgi Putih

Bacaan: 1Yoh. 5:14-21; Mzm. 149:1-2,3-4,5,6a,9b; Yoh. 3:22-30

BcO Yes. 66:5-14a,18-23

Bacaan Injil Yoh. 3:22-30

Renungan:
Pengikut menjadi kebanggaan sebuah kelompok. Kalau pengikutnya banyak maka kelompok itu pun akan makin bangga. Satu saja anggota kelompoknya pindah mereka akan merasa sangat kehilangan. Satu kelompok dengan kelompok yang lain seakan-akan berebut anggota.

Murid Yohanes resah dengan kondisi seperti. Mereka pun mengadu kepada Yohanes karena “Dia membaptis juga dan semua orang pergi kepada-Nya” (Yoh 3:26). Yohanes tidak mempersoalkan itu. Bahkan ia mengatakan, “Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil” (Yoh 3:30).Yohanes sadar akan posisi dirinya. Kesadaran Yohanes ini meredakan kasak-kusuk para pengikutnya.

Keberadaan pengikut memang membanggakan. Namun kasak-kusuk perpidahan mereka seringkali menjadi sumber perpecahan. Maka dalam kondisi seperti itu dibutuhkan kesadaran diri akan posisi yang kita miliki. Jangan biarkan kasak-kusuk memecahbelah kesatuan yang telah ada.

Kontemplasi: Pejamkan sejenak matamu. Ingatlah satu kisah perpecahan masyarakat yang diawali oleh kasak-kusuk.

Refleksi: Sejauh mana anda menjadi pengikut Kristus yang setia?

Doa: Bapa, satukanlah umatMu. Biarkanlah mereka mengenal Engkau dengan caranya dan kami sanggup menerimanya. Amin.

Perutusan:
Aku akan menjauhkan diri dari kasak-kusuk yang memecah belah.

Kredit foto: Santo Gregorius dari Niza (Ist)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply