Sabda Hidup: Rabu, 24 September 2014

jesus-with-his-disciplesBacaan: Ams. 30:5-9; Mzm. 119:29,72,89,101,104,163; Luk. 9:1-6. BcO Tb. 4:1-5,19-21; 5:1-16 Bacaan Injil Luk. 9:1-6: 1 Maka Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit. 2 Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang, 3 kata-Nya kepada mereka: “Jangan membawa […]

jesus-with-his-disciples

Bacaan: Ams. 30:5-9; Mzm. 119:29,72,89,101,104,163; Luk. 9:1-6.

BcO Tb. 4:1-5,19-21; 5:1-16

Bacaan Injil Luk. 9:1-6:
1 Maka Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit. 2 Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang, 3 kata-Nya kepada mereka: “Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju.

4 Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ. 5 Dan kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka.” 6 Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat.

Renungan:
Suatu hari dosenku bertanya: “Apakah ada yang bisa membantu mencarikan film Jesus Christ Superstar?” Saat itu aku memberanikan diri dan menyanggupi mencarikannya. Selesai kuliah sang dosen pun memberikan beberapa alternatif tempat yang bisa kudatangi dan diperbolehkan menggunakan nama beliau untuk dipakai sebagai kunci pembuka. Izin ini terasa sungguh menguatkanku. Dengan nama beliau aku dan temanku bisa mendapatkan yang diharapkan.

Hari ini Yesus mengutus para murid. Ia, “memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit” (Luk 9:1). Walau tanpa bekal apapun, tenaga dan kuasa dari Yesus sudah menguatkan para murid untuk menjalankan perutusan mereka.

Selain sebagai yang diutus kita pun sering menjadi pengutus. Misal orang tua mengutus anaknya belajar di sekolah. Sebagai pengutus kita perlu memberikan jaminan dengan “tenaga dan kuasa” yang meyakinkan utusan kita melaksanakan tugas perutusannya.

Kontemplasi: Pejamkan sejenak matamu. Ingatlah perutusan-perutusan yang pernah kauberikan. Ingatlah “tenaga dan kuasa” apa yang kauberikan pada para utusanmu.

Refleksi: Tulislah “tenaga dan kuasa” yang kauterima kala menjadi utusan dan kauberikan kala menjadi pengutus?

Doa: Tuhan semoga aku selalu bersandar dan berbagi pada “tenaga dan kuasa” perutusanMu. Amin.

Perutusan: Aku akan memberikan jaminan keyakinan pada mereka yang kuutus. -nasp-

komsos kas
“melihat yang tak biasa terlihat”

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply