Sabda Hidup: Rabu, 22 Oktober 2014

pencuri by jesus comingHari Biasa. Warna liturgi Hijau Bacaan: Ef. 3:2-12; MT Yes. 12:2-3,4bcd,5-6; Luk. 12:39-48. BcO Sir. 35:1-17 Bacaan Injil Luk. 12:39-48: 39 Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pukul berapa pencuri akan datang, ia tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. 40 Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan.” […]

pencuri by jesus coming

Hari Biasa. Warna liturgi Hijau

Bacaan: Ef. 3:2-12; MT Yes. 12:2-3,4bcd,5-6; Luk. 12:39-48.

BcO Sir. 35:1-17

Bacaan Injil Luk. 12:39-48:
39 Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pukul berapa pencuri akan datang, ia tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. 40 Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan.” 41 Kata Petrus: “Tuhan, kamikah yang Engkau maksudkan dengan perumpamaan itu atau juga semua orang?” 42 Jawab Tuhan: “Jadi, siapakah pengurus rumah yang setia dan bijaksana yang akan diangkat oleh tuannya menjadi kepala atas semua hambanya untuk memberikan makanan kepada mereka pada waktunya?

43 Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. 44 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya. 45 Akan tetapi, jikalau hamba itu jahat dan berkata di dalam hatinya: Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba-hamba laki-laki dan hamba-hamba perempuan, dan makan minum dan mabuk, 46 maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya, dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang yang tidak setia.

47 Adapun hamba yang tahu akan kehendak tuannya, tetapi yang tidak mengadakan persiapan atau tidak melakukan apa yang dikehendaki tuannya, ia akan menerima banyak pukulan. 48 Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut.”

Renungan:
Suatu kali ada seorang bapak pamit tidak bekerja karena mau bertemu kakak adiknya untuk berbagi warisan. Aku pun bertanya, “Adakah yang ngindung?” Jawabnya, “Ada.” “Ati2, nanti ada masalah dengan yang ngindung,” kataku. “Wah gak masalah kalau dia,” kata karyawan itu. Dan ternyata setelah kembali bekerja karyawan itu bilang bahwa benar yang kukatakan.

Dalam konteks yang lebih luas kita sering liat bagaimana orang-orang memakai pekarangan orang lain atau kaki lima untuk berdagang. Ketika sang pemilik mau menggunakan pekarangannya dan meminta pedagang itu pindah, sang penumpang malah minta ganti rugi atau pesangon. Ketika kaki lima sungguh mau dijadikan pedestrian para pedagang kaki lima protes dan marah.

Menolong adalah suatu sikap hidup yang layak dipuji. Namun pada masa sekarang ini kita perlu waspada. Banyak yang ditolong malah menyulitkan pada masanya (bdk Luk 12:45). Selain itu kita pun perlu menyadari bahwa pertolongan memuat kepercayaan penolong kepada yang ditolong. Ketika kita bisa mempertanggungjawabkan kepercayaan tersebut maka akan banyak pertolongan yang mengalir dalam hidup kita.

Kontemplasi: Buatlah dirimu menyatu dalam keheningan. Bayangkan kisah dalam Injil Luk 12: 42-48.

Refleksi:  Apa arti menolong dan ditolong dalam hidupmu? Sikap dan sifat seperti apa yang mesti dimiliki oleh penolong dan yang ditolong.

Doa: Tuhan semoga aku sadar diri dan tidak tergoda untuk merebut harta orang lain yang dipercayakan padaku. Semoga aku mampu berperan secara tepat sebagai orang yang menerima pertolonganMu. Amin.

Perutusan: Aku akan menjaga kepercayaan yang diberikan kepadaku.

komsos kas
“melihat yang tak biasa terlihat”

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply