Sabda Hidup: Rabu, 17 Desember 2014

silsilah by istHARI  Biasa Khusus Adven Warna liturgi Ungu Bacaan: Kej. 49:2,8-10; Mzm. 72:1-2,3-4ab,7-8,17; Mat. 1:1-17. BcO Yes. 40:1-11 Bacaan Injil Mat. 1:1-17: 1 Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. 2 Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, 3 Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan […]

silsilah by ist

HARI  Biasa Khusus Adven

Warna liturgi Ungu

Bacaan: Kej. 49:2,8-10; Mzm. 72:1-2,3-4ab,7-8,17; Mat. 1:1-17.

BcO Yes. 40:1-11

Bacaan Injil Mat. 1:1-17:
1 Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. 2 Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, 3 Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, 4 Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, 5 Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, 6 Isai memperanakkan raja Daud.

Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria, 7 Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa, 8 Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia, 9 Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia, 10 Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia, 11 Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel.

12 Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel, 13 Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor, 14 Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim, Akhim memperanakkan Eliud, 15. Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, 16 Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.

17 Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus.

Renungan:
42 keturunan dari Abraham sampai Kristus. Data itu diperoleh oleh Mateus dan kemudian dituliskan dalam Injil Mat. 1:1-17. Data yang ada memberikan petunjuk bahwa Kristus memang ada dari garis keturunan Abraham.
Merunut 42 keturunan bukanlah hal mudah, kecuali memang sudah ada daftarnya. Andaikan ada daftar, tentu membutuhkan ketekunan mencatatnya. Dua-duanya membutuhkan ketekunan dan ketelitian. Kerja keras antar generasi menghasilkan data yang berguna pada masa sekarang.

Banyak hal dari yang sederhana sampai kompleks kala dikerjakan dengan teliti dan tekun akan berguna pada saatnya, apalagi kala kerjaan itu dicatat. Banyak hal yang mungkin telah kita kerjakan. Namun hal-hal tersebut bisa saja hilang kala tidak ada catatan yang kita bikin. Maka marilah kita tekun dan teliti atas pekerjaan yang dipercayakan pada kita dan tekun pula mencatatnya.

Kontemplasi: Bayangkan Mateus ketika menyusus rangkaian keturunan sampai pada Kristus.

Refleksi: Apa arti mencatat keturunan dalam dirimu?

Doa: Tuhan catatan yang ada memberi tanda lahiriah keberadaan PuteraMu. Catatan itu sungguh membantu kami. Semoga aku pun mempunyai ketekunan membuat catatan-catatan kehidupan. Amin.

Perutusan:
Aku akan mencatat peristiwa-peristiwa hidupku.

komsos kas
“melihat yang tak biasa terlihat”

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

Leave a Reply